Perkembangan bisnis retail di indonesia

http://qusuth.files.wordpress.com/2011/01/online-marketing-graph.jpg?w=286

10 Tahun yang lalu merebak apa yang disebut toko kelontong, yaitu toko yang menjual barang barang kebutuhan sehari hari, dengan sistem penjualan menggunakan kalkulator dan pencatatan data secara manual.
Kemudian 6 tahun yang lalu merebak trend bisnis retail yang menjamur hingga saat ini, yang dimulai dari minimart yang menjual barang kebutuhan sehari, yang dapat kita temukan disekitar daerah rumah / kantor kita. Sehingga pernah kita mendengar perperangan retail terbesar di Indonesia.
Semua dimulai dari perkembangan teknologi informasi dan inovasi yang memungkinkan proses pembelian dan penjualan dilakukan dengan alat yang disebut barcode, software penjualan yang canggih dan pelayanan profesional yang terstandarisasi.
Perkembangan bisnis retail tentunya tidak hanya akan berakhir sampai disini, seiring waktu berjalan, Peretailan akan terus menerus mengalami inovasi inovasi.

About these ads

3 thoughts on “Perkembangan bisnis retail di indonesia

  1. gan, bahas ttg menjamurnya usaha ritel dan hubungannya dgn perkembangan pasar tradisional

  2. Salam kenal ..
    makasih artikel2 nya
    sukses selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s