Spelling Check di Ms Word

Spelling Check di Ms Word

Banyak fasilitas-fasilitas Ms Word yang bisa membantu kita dalam membuat tulisan, seperti AutoCorrect, AutoText dan Spelling Check.

Yang akan dibahas di sini adalah Spelling Check. Pada umumnya kata-kata yang bisa di-spelling adalah kata-kata dalam bahasa Inggris. Sebenarnya, kita bisa membuat supaya kata-kata dalam bahasa Indonesia juga bisa di-spelling. Caranya yaitu dengan menambahkan kata-kata dalam bahasa Indonesia ke dalam ‘kamus’ Word, yaitu custom.dic (atau file lain yang sudah di set untuk dijadikan kamus).

File custom.dic ini biasanya (Pada Ms Word 2003) terletak pada folder  C:\ Documents and Settings\Administrator\Application Data\Microsoft\Proof (biasanya ter-hidden, non-aktifkan dulu di Folder Options…). Mungkin juga letaknya bisa berbeda.

Untuk memastikannya, pada jendela Microsoft Word, pilihlah Tools – Options. Kemudian pilih tab Spelling & Grammar. Ada kotak Custom Dictionary. Kotak ini fungsinya, jika ada kata-kata baru yang ingin kita masukkan ke dalam ‘kamus’ Word, akan dimasukkan ke file ini.

Selanjutnya klik tombol Dictionaries. Akan ada jendela Custom Dictionaries yang isinya adalah file-file ‘kamus’ Ms Word. Kita bisa membuat kamus baru (New), meng-edit (Edit), Menambahkan (Add), atau menghapusnya dari daftar (bukan menghapus dari hard disk).

Coba saja pilih Add dan lihat di folder apa file custom.dic berada. Klik di kotak Look in yang ada panah ke arah bawah. Di situ akan kelihatan di manakah file custom.dic berada. Kita juga bisa membuat file ‘kamus’ baru kalau mau, tetapi sebaiknya letakkan di folder yang sama dengan file custom.dic.

Untuk membantu spelling dalam bahasa Indonesia, saya sudah membuat file custom.dic yang isinya kata-kata dalam bahasa Indonesia. Mungkin tidak begitu sempurna. Maklum, buatan sendiri. Tapi, mudah-mudahan bisa membantu.

Catatan:

  • File ‘kamus’ Ms Word berbasis Plain Text. Jadi bisa di-edit dengan Notepad. Tetapi ingat, kata-kata tersebut sudah diurutkan oleh Word menurut Abjad (1-9, A-Z). Jadi, kalau ingin meng-editnya, sebaiknya pakailah Ms Word, buka file ‘kamus’ tersebut, edit, urutkan dengan menggunakan icon A- Z yang disediakan oleh Word, lalu save dengan modus Plain Text(Pada jendela Save/Save As, Pada Save as type, set ke ‘Plain Text’).
  • File custom.dic ini bisa diganti namanya, tetapi yang perlu diingat file tersebut harus di-Add pada daftar kamus (baca di atas).
  • Sebaiknya gunakan saja file custom.dic ini sebagai kamus utama. Sebab, aplikasi Microsoft Office yang lain seperti Ms Excel menggunakan file ini dalam Spelling Check-nya. Mungkin ada beberapa buku yang mengatakan akan lebih baik kalau file-file ‘kamus’ tersebut dipisah-pisah untuk mempercepat waktu loading-nya. Memang benar, tetapi aplikasi lain selain Ms Word tidak akan mengenali file lain selain custom.dic.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

5 thoughts on “Spelling Check di Ms Word

  1. Mas Yuda, saya sudah mencoba, alhamdulillah jadi, tapi jadi seperti ribet. Bolehkah saya minta file custom.dic punya mas?
    Tolong kirim ke : alip_2008@yahoo.com
    Terima kasih..
    (^_^)

  2. Mas ..
    alangkah baiknya kalau disebarkan untuk umum dalam bentuk link..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s