Hoax` adalah hal yang paling fenomenal di Internet

Hoax` adalah hal yang paling fenomenal di Internet

Mingggu ini ada acara menarik di Albuquerque, New Mexico. Konfrensi yang disponsori oleh Komite penyelidikan ilmiah terhadap klaim kegiatan paranormal (CSICOP), selama empat hari di minggu ini menyelidiki segala sesuatu yang berbau mistis, penipuan, lucu-lucuan, UFO, monster, fenomena-fenomena unik dan segala macam yang dianggap mengguncang dunia.

Salah satu topik yang menjadi perhatian bagi mereka yang hadir di konferensi tersebut bukanlah keanehan-keanehan mistis atau kejadian-kejadian di luar nalar manusia, justru saat ini yang menjadi pembicaraan adalah `Hoax` yang berasal dari Internet.

Hoax yang bisa diartikan sebagai segala cara yang membuat apa yang yang sebetulnya tidak ada/nyata/palsu menjadi sesuatu yang dipercaya/sungguhan menjadi tren terbesar, terhebat, tercepat di jagad maya (internet).

Saat ini tidak ada satu media pun yang bisa mengalahkan `hoax` yang disebarkan melalui internet. E-mail dan situs mampu membuat orang-orang menyebarkan `hoax` hanya dengan menekan sebuah tombol saja.

Salah satu `hoax` yang terhebat yang ada di internet adalah gambar turis yang berpose di puncak gedung kembar WTC dan dibelakangnya dilatarbelakangi sebuah pesawat yang hendak menabrak gedung tersebut. Gambar tersebut tersebar ke jutaan e-mail dalam waktu beberapa hari saja, mencenangkan, mengagetkan dan menipu jutaan orang.

Turis tersebut adalah orang Hongaria yang memang sedang bertamasya dan bisa mendaptkan izin berfoto di puncak WTC, dengan keisengannya lalu dia hanya mengirimkan foto tersebut ke temannya. Tanpa dinyana saat ini foto dia menjadi salah satu foto yang paling laris sebagai `attachment` di setiap e-mail, bahkan sempat ditayangkan di televisi dan diudarakan di berita radio beberapa saat setelah peristiwa 11 september..

Salah satu `hoax` terbesar lainnya adalah `bonsai kitten`, situs yang dibuat oleh mahasiswa MIT tahun 2000 lalu sempat membuat geger dunia karena dianggap sangat menyiksa kucing yang di`bonsai`, padahal tidak satupun kucing yang bisa dijadikan `bonsai`. Ada pula “hantu dalam Stoples` yang sempat ditawarkan di situs lelang e-bay hingga mencapai penawaran tertinggi sebesar $100 juta dolar, sayangnya hantunya keburu hilang karena ada yang membuka tutupnya.

Beberapa psikolog menyatakan hal ini tidaklah mengejutkan, karena manusia sebagai makhluk hidup memang tertarik dengan hal-hal yang baru/aneh, tapi yang berbahaya ternyata banyak orang pintar saat ini yang tertipu karena orang pintar merasa dirinya kebal dari sesuatu yang bodoh dan dibodohi.

Jika anda tertarik dengan `hoax` kunjungi Museum of Hoax (http://www.museumofhoaxes.com/), disana anda bisa menilai diri anda menjadi yang pintar atau yang tertipu. (GZ/IDC/dc/)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 thoughts on “Hoax` adalah hal yang paling fenomenal di Internet

  1. kasi gambarny donk

  2. Pingback: Mous dan Kibor ku | Telkomsel, borgol, pecut, ranjang.. apa jadinya ?

  3. haduuh ada ada aja tuh hoax

  4. setan kalaian manga kalian blg justin bieber itu brusia 51 thn

  5. mencari kehebohan yaaa. caper deh hoax

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s