PERINGATAN SETAHUN GEMPA JOGJA

Yogyakarta:Berbagai kelompok masyarakat di Yogyakarta, mulai Sabtu (26/5) hingga Minggu (27/5) bakal menggelar berbagai acara untuk memperingati setahun gempa.

Di Kabupaten Bantul, peringatan setahun gempa bakal dipusatkan di lapangan Trirenggo Bantul. Peringatan itu ditandai dengan salat subuh berjamaah yang bakal diikuti sekitar 3.000 warga. Setelah itu dilanjutkan dengan doa bersama bersamaan dengan detik-detik terjadinya gempa setahun lalu pukul 05.57 WIB.

“Pada acara salat subuh berjamaah, rencananya diikuti oleh masyarakat dari 75 desa di Kabupaten Bantul. Kami juga akan melakukan doa bersama dan refleksi diri atas peristiwa yang terjadi setahun lalu,” kata panitia peringatan setahun gempa Kabupaten Bantul, Bambang Sugiantoro.

Peringatan setahun gempa yang digelar Pemerintah DI Yogyakarta bakal dipusatkan di halaman gedung Jogja Expo Center (JEC). Selain orasi budaya oleh Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, acara juga diisi oleh pementasan Kiai Kanjeng pimpinan Emha Ainun Nadjib dan ditutup dengan pementasan wayang kulit semalam suntuk.

Di tingkat desa dan dusun, berbagai kalangan juga bakal menggelar acara sendiri-sendiri. Sebagian besar warga akan menyelenggarakan doa bersama dalam bentuk tahlilan. “Kami tahlilan kemudian akan melek semalam suntuk,” kata Sugiarto, Ketua RW 14 Kampung Sayidan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta.

Sementara kalangan pelaku wisata bakal menggelar deklarasi Yogyakarta Bangkit Kembali. Acara dipusatkan di halaman Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta, Minggu (27/5). Acara tersebut diikuti oleh Badan Pariwisata Daerah (Baparda) Provinsi DI Yogyakarta, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ASITA, dan pelaku wisata lainnya.

“Semua penumpang yang turun dari pesawat di Bandara Adisucipto akan mendapat pengalungan bunga dan souvenir dari kami. Ini sebagai tanda penghargaan kepada mereka yang tetap ke Yogyakarta setelah dilanda gempa,” kata Ketua PHRI Yogyakarta, Istijab Danoenegoro.

TEMPO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s