Buat apa punya Gelar?

Di bidang akademik ada gelar Professor, Doktor, Master, MBA, Insinyur, SH, SE, dan lain-lain. Di bidang lain ada juga sebutan seperti Haji, Hajjah, Kapten, dll. Gelar-gelar yang disebut terakhir ini sih bukan ‘gelar’ per se tapi lebih tepat adalah sebutan penghormatan atau jabatan.
Gelar Doktor, PhD, atau DPhil adalah gelar akademis tertinggi yang bisa dicapai melalui jenjang pendidikan formal. Gelar Professor di lain pihak bukanlah gelar yang didapat dari mengikuti pendidikan formal tapi lebih didasarkan pada penerimaan komunitas pendidikan bahwa seseorang telah mencapai pencapaian yang luar biasa dalam pengembangan keilmuan di bidangnya.

Banyak orang memimpikan mendapat gelar. Segala cara kadang dilakukan untuk melakukannya. Ada cara yang gampang, tinggal mendaftar (dan membayar) universitas-universitas ‘aspal’ yang ada banyak iklannya di koran-koran Indonesia, ada yang susah seperti mengikuti perguruan-perguruan tinggi ‘normal’ baik di dalam maupun di luar negeri.

Sewaktu saya masih sering jalan-jalan ikut kegiatan penelitian ataupun konsultasi di berbagai daerah di Indonesia, banyak pegawai di kantor pemerintahan yang berlomba-lomba mengejar gelar. Tidak peduli bidangnya apa yang penting dapat gelar. Ada yang ikut kuliah sore setiap hari, kuliah weekend, atau kuliah jarak jauh.

Tempat saya bekerja dulu membuka kelas jauh yang khusus dibuka bagi mahasiswa yang tinggal daerah tertentu. Kadang mereka datang ke Jakarta, kadang para dosennya yang menyambangi mereka di daerah.

Menurut saya selama prosesnya masih berjalan baik, dan kualitas pendidikan dan pengajaran masih dapat dipertahankan hal-hal semacam ini sah-sah saja.

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s