BAHASA INDONESIA DIKLAIM MILIK MALAYSIA, semua aja encik ambil..!!!!!!!

Negara jiran Malaysia akan mengklaim bahasa nasional Indonesia sebagai bahasa Melayu (bahasa Malaysia). “Pemerintah Malaysia akan mengklaim bahasa Indonesia sebagai bahasa Melayu. Karena bahasa Melayu adalah bahasa Malaysia,” ujar Wakil Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Abdul Azis Harun kepada wartawan di sela-sela helaran “Kemilau Nusantara 2007” di Gedung Sate Bandung.

“Masyarakat dan pemerintah Malaysia menganggap Indonesia dengan Malaysia adalah bagian dari Nusantara. Munculnya permasalahan ini, karena bangsa Indonesia mempersempit arti Nusantara tersebut,” tambahnya.

Sedangkan negara-negara yang masuk ke dalam Nusantara itu, ujarnya, selain Indonesia dan Malaysia, ada Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand bagian selatan. Jadi apabila ada kesenian lagu tradisional Indonesia yang berkembang di Malaysia, hal itu merupakan sesuatu yang wajar, karena kesenian itu dibawa oleh suku-suku di Indonesia ke Malaysia sejak ratusan tahun lalu.

“Suku-suku di Indonesia datang bersama seni dan budaya tradisional dan dikembangkan di Malaysia. Kami tidak mungkin memisahkan mereka dengan seni budayanya,” ujarnya.

Dia pun menyebutkan, kasus kesenian tradisional reog Ponorogo dan lagu “Rasa Sayange” ini menjadi ramai lebih karena pers Indonesia. Sedangkan pers Malaysia sendiri, tambahnya, tidak terlalu membesar-besarkan masalah tersebut. “Pasalnya, kedua kesenian tersebut sudah ada di Malaysia sejak ratusan tahun lalu, yang dibawa orang Indonesia dan kemudian menetap di Malaysia,” paparnya.

imfo: Bluefamecomunity

8 thoughts on “BAHASA INDONESIA DIKLAIM MILIK MALAYSIA, semua aja encik ambil..!!!!!!!

  1. Ha ha ha.. Susah ya kalo negara miskin kebudayaan, seradak seruduk ngaku-ngaku kebudayaan negara lain.

    Hidup Indonesia…. Ada Melayu, Jawa, Sunda, Padang, Madura, Papua, dan lain-lain.

  2. Waduh… Orang malaysia ini memang harus terus belajar sejarah.. Bahasa Indonesia memang berasal dari bahasa melayu.. Tp bukan berarti bahasa indonesia itu bahasa melayu lagi.. Apalgi sampai dikatakan bahasa indonesia itu milik malaysia hanya karena bahasa indonesia berasal dari bahasa melayu.. Bahasa Indonesia sudah berevolusi menjadi bahasa Indonesia. Asal bahasa indonesia dari melayu, kemudian mendapat sisipan dari bahasa daerah2 lainnya di indonesia. Jadilah kemudian bahasa indonesia..

    Walaupun bahasa melayu sekarang menjadi bahasa org malaysia, org malaysia pun tidak berhak untuk mengatakan bahasa melayu itu milik malaysia… Yg benar adalah, bahasa melayu milik suku melayu di sumatera.. Bukan org melayu di malaysia… Sekali lagi, yg berhak mengklaim sebagai pemilik bahasa melayu hanya org melayu di sumatera. Org melayu di malaysia bukanlah asli melayu.. Mereka hanya org melayu jadi2an.. melayu malaysia berasal dari jawa, bugis, banjar, aceh, madura, bawean dll. mereka jadi melayu karena dijadikan melayu oleh undang2 malaysia..

    nah sekarang yg benar adalah, bahasa indonesia dan bahasa malaysia berasal dari bahasa melayu riau di Indonesia. bahasa sudah menjadi bahasa modern tersendiri yg berakar dari bahasa melayu riau. Sedang bahasa malaysia, merupakan bahasa yang baru akan terbentuk dan juga berasal dari bahasa melayu riau…

    Ini sama dengan bahasa inggris, perancis, jerman, atau bahasa lain di eropa. Bahasa2 ini juga tadinya berakar dari rumpun bahasa yang sama, latin. Namun, berkat kajian2 yg dibuat oleh cendikiawan2 negara2 itu, akhirnya bahasa org2 di eropa itu berhasil menajdi bahasa tersendiri. dan tetap saja, juga berakar dari rumpun yg sama, latin..
    dengan demikian, malaysia tidak berhak mengklaim bahasa indonesia itu sebagai bahasa melayu, sehingga menjadi aalsan untuk mengatakan bahwa itu menjadi miliknya.. Bahasa melayu tetaplah milik2 org2 melayu di sumatera, indonesia. Bukan di malaysia..

    Sekian terima kasih.. Dan selamat memperhatikan ini….!!!

  3. nadie kapan kita jadian biar budaya kita beda kita satukan dan tak ada lagi permusuhan antar negara kita!!

  4. klo negara g punya mka gtu apa2 d akui jngn2 bsok ngakui klo gue nich milik mereka he he he he he.stu kta buat malingsia “klo q bsa bkn bom atom q bikinin SPESIAL buat lho.

  5. besok giliran pantat gua dklaim

  6. Gak brmutu sekali l0h, , ,
    Malu2in ngara l0 ndiri, , ,
    Ga nyadar ya qt cinta kbdayaan qta,
    Tari pendet tyuh tarian t0 upcra ada agama hindu di bali kalian dsana islam smua,k0x pke upcra adat hindu, . ,
    Damai aja,minta maaf d0nx.kembalikan budaya qita malingsia. . .

  7. hahahaha encik ni emang gila Bahasa melayu lah yang asalnya dari rumpun melayu yang tersebar dari sumatra jadi senenarnya bahasa enciklah yang bersal dari negri kami , tari pendet encik bilang dari malaysia mana buktinya cik orang malaysia tak bisa tari pendet , sejak kapan wayang dari malaysia yang ada dari jawa aku tak pernah dengar dalang dan bahasa melayu dipake untuk pagelaran wayang …..
    bahasa encik aja amburadul mau contoh masa pasukan angkatan darat dibilang pasukan hentak-hentak bumi dan rumah bersalin dibilang rumah sakit korban lalaki hahahahaha gubrak capek deh

  8. Malaysia itu perlu belajar sejarah…..
    dulu Gajah Mada kan pernah menaklukan mereka menjadi satu wilayah yang disebut Nusantara.
    harusnya Malaysia, Brunei, Singapura itu masuk wilayah Indonesia yang disebut Nusantara…..
    jadi mereka ini bangsa yang pernah kita takhlukkan.
    viva Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s