Domain Internet .jakarta Akan Diizinkan

Aturan penamaan situs internet kini lebih longgar. Sebuah perusahaan, kota, atau lembaga, kini dapat memiliki domain sesuai yang mereka inginkan.

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) dalam sidangnya di Paris, Prancis, Kamis kemarin menerima usulan untuk mempersilakan perusahaan-perusahaan untuk membeli nama domain sesuai keinginan mereka.

Misalnya, jika selama ini penamaan situs dibatasi dengan penggunaan domain seperti .com atau .org, maka perusahaan seperti eBay dapat memiliki situs yang berdomain .ebay. Atau misalnya kota New York dapat mengakiri alamat situsnya dengan .nyc.

Dikutip dari Associated Press dan Reuters, Jumat (27/6/2008), proses penamaan baru ini akan dimulai pada 2009. Kesempatan pertama akan diberikan kepada organisasi bisnis atau organisasi besar. Kota-kota di dunia juga bisa menggunakan domain seperti .jakarta, .london, atau .chicago.

Dalam upaya untuk menghalangi penghuni liar di dunia cyber, ICANN sepertinya akan memasang tarif yang besar untuk nama baru. Para pakar menilai penamaan domain baru akan dimintai biaya berkisar USD50 ribu hingga USD100 ribu, bahkan bisa mencapai USD500 ribu.

Organisasi ini juga menyepakati untuk menerima usulan untuk membiarkan negara-negara di dunia menggunakan scipt selain karakter Inggris. Misalnya, perusahaan-perusahaan dapat menggunakan script Arab atau China untuk mengidentifikasi situs mereka.

okezone

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s