WebGIS dengan MapServer, MapLab, Chameleon dan PostGIS spatial database

Teknologi GIS (Georaphic Information System) telah berkembang pesat. Saat ini telah dikenal istilah-istilah Desktop GIS, WebGIS, dan Database Spatial yang merupakan wujud perkembangan teknologi Sistem Informasi Geografis, untuk mengakomodir kebutuhan solusi atas berbagai permasalahan yang hanya dapat dijawab dengan tekhnologi GIS ini.

Saat ini ada beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk membangun sistem WebGIS. Salah satu yang paling populer adalah MapServer, yang menggunakan konsep Open Source. Sedangkan untuk pilihan teknologi Database Spatial, PostgreSQL merupakan pilihan database Open Source yang paling populer, dengan dukungan ekstensi spatial yang bernama POSTGIS.

Akan tetapi pemahaman akan bagaimana mengembangkan WebGIS dengan Mapserver dan PostGIS belum banyak dipahami oleh para pengembang teknologi informasi. Hal ini turut dipengaruhi dengan minimnya jumlah tutorial yang dipublikasi di internet dengan bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, kali ini kami akan mencoba melakukan riset sedherhana tentang bagaimana mengembangkan aplikasi WebGIS dengan MapServer – PostGIS, yang hasilnya akan kami publikasikan di internet. Dengan harapan tutorial dan sample aplikasi WebGIS yang kami kembangkan akan dapat bermanfaat bagai rekan-rekan sesama pengembang teknologi informasi untuk dapat lebih mudah menguasai bagaimana membangun sistem WebGIS dengan MapServer – PostGIS. Sehingga dapat bermanfaat bagi kemajuan teknologi informasi di Indonesia.

Hasil dari penelitian ini akan dituliskan menjadi delapan bab yang masing-masingnya dapat didownload secara bebas, yaitu :

I . LATAR BELAKANG

II. PENDAHULUAN

III. INSTALASI MS4W, MAPLAB DAN CHAMELEON

IV. MEMBUAT APLIKASI DEMO WEBGIS MAPSERVER

V. INSTALASI POSTGRESQL DAN SEKILAS TENTANG POSTGIS

VI. KONVERSI DATA SHP KE DALAM POSTGIS UNTUK DIGUNAKAN DALAM APLIKASI SAMPLE/DEMO WEBGIS

VII. MEMBUAT APLIKASI DEMO WEBGIS MAPSERVER – POSTGIS

VIII. KESIMPULAN

IX. DAFTAR PUSTAKA

NB :http://www.hatma.info/

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

16 thoughts on “WebGIS dengan MapServer, MapLab, Chameleon dan PostGIS spatial database

  1. ada e-book nya gak ???? lagi eksperimen juga ne soal webgis

  2. Wah, ebook yang bagus tuh… buat belajar nich…

  3. permisi mas kok gag ada ebook ya mas..terima kasih

  4. terimah kasih banyak atas ilmu dan pencerahannya, semoga barokah, manfaat dan dimudahkan jalan idupnya.. amiin

  5. mas,,bisa dikasi link nya gag untuk demo aplikasi webgis ini?
    yang di hatma.info ternyata udah gag ada link donlotannya.. seandainya gag ada, aplikasi webgis yang mas buat juga boleh mas…tolong ya mas…paling gag untuk media belajar kami para pembaca sejati article mas….tolong ya mas,,,thanks a lot for all🙂

  6. wah mas, koq udah ga ada linknya yah pdf tuh..

  7. bisa minta filenya pa kagak mas ????

    butuh ni….

  8. Mas bisa dikasih link pdfnya lagi gak mas?Butuh bgt nih mas?Kalo gak dikirim via email juga mau mas?:D
    Makasih mas

  9. bisa mntk gk pdf’na yg di atas smw…btuh refrensi ttg gis nie…
    kirim k email mas…hhe…
    klo bs sdkt file yg bs d pelajari…hhe…

  10. file demonya ga bisa didownload di hatma.info

  11. minta e-book nya dong, lagi perlu banget buat referensi tugas akhir, thanks

  12. kok kosong ktk di download ya,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s