JOGJA JAVA CARNIVAL…2008

Festival Kethoprak ( 20 – 24 Agustus 2008 )
Sebagai salah satu upaya untuk melestarikan, membina dan menumbuh kembangkan kesenian kethoprak sebagai ajang berekspresi dan sebagai sebuah proses regenerasi sekaligus sebagai bukti kongkrit bahwa kesenian kethoprak Yogyakarta masih eksis keberadaannya.

Jogja Kuliner Expo ( 21 & 24 Agustus 2008 )
Keindahan Jogja dalam keragaman kuliner merupakan potensi pariwisata yang patut dipertunjukkan. Dalam rangkaian expo akan diadakan seminar kuliner dan bursa makanan khas Jogja serta nusantara. Seminar kuliner diadakan pada tanggal 21 Agustus di hotel Inna Garuda, Mendut Room pukul 09.00 – 13.00 WIB. Bazaar makanan diadakan di Benteng Vredeburg tanggal 24 Agustus pukul 06.00-13.00 dan dimeriahkan oleh beberapa artis ibu kota.

Festival Langen Carito ( 21 – 23 Agustus 2008 )
Ajang kreasi dan apresiasi anak untuk berolah seni dalam bentuk fragmen (drama tradisional) ini diharapkan mampu menggugah anak-anak khususnya dan orang tua pada umumnya untuk merasa handarbeni (ikut memiliki) kebudayaan tradisional yang pernah digeluti anak-anak di masa silam.

Jogja Bike & Drive Week ( 22 – 23 Agustus 2008 )
Jogja Expo Center akan menjadi tempat berkumpulnya biker’s dan driver’s se-Indonesia. Berbagai acara seperti Charity Auto Bazar, Car & Motor Contest, Car & Motor Merchandise Expo, Fire Works akan digelar dalam moment kebersamaan.

Jogja Great Sale ( September 2008 – Januari 2009 )
Bekerjasama dengan pelaku bisnis se-Jogja untuk memberikan paket diskon bagi para wisatawan yang hendak berbelanja sepanjang liburan mereka di Jogja.

Pentas Seni 45 Kelurahan ( 7 Oktober 2008 )
Secara bersamaan seluruh kelurahan se-Jogjakarta menggelar acara yang bertujuan untuk merayakan hari ulang tahun Kota Jogja.

Rally Wisata Motor ( 19 Oktober 2008 )
Dalam acara ini para peserta diberikan petunjuk yang mewajibkan mereka mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di Yogyakarta dengan batas waktu yang ditentukan. Rencananya Rally Wisata ini akan diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga peserta dari beberapa negara tetangga.

Gamelan Gaul (20 – 23 Oktober 2008)

Fashion Dance & Cultural Gathering ( 22 Oktober 2008 )
Diselenggarakan di Benteng Vrederburg, menyuguhkan bentuk Fashion Show dalam balutan pertunjukan tari yang mengambil cerita Adeging Nagari Ngayogakarta Hadiningrat. Fashion Dance akan didukung oleh para model papan atas dan para penari handal dari Jogjakarta. Artistik akan digarap sesuai dengan tema cerita, dengan membuat stage yang spektakuler dan elemen artistik yang eksotis.
Dalam acara ini juga akan diadakan Gala Dinner dengan menu masakan dari berbagai macam masakan khas Jogja dan masakan-masakan dari beberapa negara yang terlibat dalam rangkaian acara perayaan HUT kota Jogja. Gala Dinner akan dikemas dalam sebuah standing party agar interaksi dan komunikasi antar audiens bisa tercapai.

Asia Tri Jogja ( 23 – 24 Oktober 2008 )
Jogja menjadi tuan rumah dari gerakan inisiatif merangkum karya–karya kesenian kontemporer dan tradisional tiga negara; Indonesia (Jogja), Korea, Jepang dalam moment pertunjukan, pameran, workshop, seminar dan gathering dengan tujuan menjadi wahana komunikasi dan interaksi antar bangsa–bangsa Asia.

Jogja Java Carnival ( 25 Oktober 2008 )
Pawai akbar keliling jalan utama kota Jogja dalam bentuk street performance yang diadakan pada malam hari. Diisi dengan perpaduan budaya tradisional dan modern dari kelompok kesenian lokal, regional, maupun internasional yang dirancang secara profesional dengan mengambil lokasi Malioboro sebagai landmark Kota Jogjakarta. Dikemas secara kolosal. Dimeriahkan dengan pawai dan hiasan di sepanjang jalan yang didukung dengan teknologi pencahayaan terkini.

Materi Karnaval :
• Potensi Keraton
• Perpaduan atraksi kebudayaan tradisional dan modern yang melibatkan komunitas-komunitas di seluruh Jogja
• Binaan yang terdiri dari SMK, SMSR, SMU Negeri dan Swasta serta Volunteer
• Multi-etnis (Nasional dan Internasional)
• Corporate Sponsorship
• Pertunjukan Kembang Api

Rute
Start : Alun–alun Utara Jogjakarta
Jalur Karnaval : Sepanjang Malioboro – dari arah selatan menuju utara
Finish : Taman Parkir Abu Bakar Ali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s