Nyoba Hobi baru main perang-perangan (paintball)


Konyol kayaknya, maen perang2an Kalo lagi gak dirumah maen di kompie dari kecil ampe sekarang maen perang2an gak pernah daku tinggalin.
Bermain perang2an kalo lu udah dewasa diberi nama lain yaitu paintball. Biar diganti nama tetap aja intinya maen perang2an. Kamu pake seragam tentara dan dikasih senjata keren mirip senjata tentara. Senjata ini disebut marker, untuk membedakannya dengan senjata api. Wajar, nih senjata mirip banget dengan senjata asli. Pelurunya diganti ama cat dan aturan maennya jelas. Ada turnamen dan ada kelasnya, kelas terbuka dan kelas pemula.

Kena paintball itu lumayan sakit loh kalo kamu gak pake baju tebal. Makanya biasanya para polisi anti kerusuhan juga pake senjata itu untuk mengusir demonstran. Ini menunjukkan bahwa Hobi ini perlu pakaian yang amat ribet dengan segala perlengkapan keamanannya. Peralatannya antara lain topeng, seragam, pestol2an, helm, peluru dan pelindung badan, terutama buat yang cewek.
Di Indonesia udah ada Asosiasi Paintball Indonesia yang sangat profesional. So hobi ini gak lagi asing sekarang.
Aturan gamenya sendiri bisa macam2, yang paling umum adalah polisi vs teroris. Biasanya tim polisi lebih banyak dari teroris. Tim teroris bertugas menjaga bendera agar tidak sampai direbut polisi. masing2 di jatah pelurunya, cuma jumlah peluru tim polisi lebih sedikit dari teroris. Biar adil maksudnya. Polisi menang kalo seluruh teroris tertembak atau seluruh bendera berhasil direbut.
Paintball buka sekedar game yang hanya untuk senang2 aja nembakin orang pake cat, tapi ada pelajaran berharga disitu. Dalam game ini, kita belajar bekerja sebagai tim yang kompak, melakukan manuver dan strategi, dan kesiagaan.
Saya rasa segitu aja mengenai paintball. Sebuah hobi yang layak di ikuti kalo rame2.

informasi : Patriot

Persiapan menjelang paintball :

1. Minimal dana  (+-) Rp. 100,000,- untuk biaya sekali main.
2. Sepatu yang nyaman dan relakan buat kena kotoran.
Tidak disarankan sepatu baru & licin, krn lokasi mainnya penuh gundukan tanah licin & pasti kotor.
3. Bawa peralatan mandi (tertulis di peraturan dari pihak pengelola). alasan : kotor & kena cat, selain keringat [STH]

Saran :

1. Autan / obat gosok anti-nyamuk lainnya.
2. Helm dan pelindung dada seperti yang biasa dipake para pengendara motor [STH : mang gak disediain ?]
3. Trombomphop Salep [Salep utk memar]
4. Baju pengganti
5. Peralatan mandi

The Ten Commandments of Winning the Game and Playing Safe
1. Never open your goggle in the field.
2. Raise your airgun if you have problem.
3. Avoid open spaces.
4. React quickly to enemy fire.
5. Select your next position in cover before you make your move.
6. Hide your movement any way you can.
7. Move fast!
8. Stay clear of covering fire.
9. Locate the enemy’s position.
10. Be alert and ready for anything.

pelindung kepala

basecamp

Basecamp tempat taruh peralatan sebelum mulai main. Briefing juga diberikan di sini.

lapangan

Peluru

Dengan biaya 90,000 sdh langsung dapat 20 butir peluru ini. Nambah peluru seharga 32 ribu, dapet 40 butir.


Pelurunya dibuat dari cat cair, mirip cat poster gitu, yang dibungkus lapisan gel seperti lapisannya kapsul. Kata orangnya sih, baik cat maupun lapisannya mudah larut dengan air. Itu sebabnya tempat ini nggak belepotan cat walaupun tiap hari dipake perang2an. Jadi mainan ini termasuk environmentally friendly

Goggle

Karena tempat matanya yang cukup lebar, goggle bisa dipake dengan nyaman oleh orang yang berkaca mata.

Cukup kuat menahan peluru dari jarak 3 meter – sementara jarak aman yang diperbolehkan menembak adalah minimal 5 meter. Peraturannya, jika berhadapan dengan musuh dengan jarak kurang dari 5 meter, harus mundur sebelum nembak.[STH]

STH mengkutip & edit dr mbot multiply

Materi briefing Paintball

Materi briefing ini akan dijelaskan lagi menjelang permainan, tapi nggak ada salahnya kalo dibaca-baca mulai sekarang.

1. Goggle (Pelindung Wajah)

Goggle mempunyai fungsi untuk melindungi wajah, terutama bagian MATA, karena dalam permainan hampir 50% itu mengenai wajah. Untuk keamanan Goggle dilarang dibuka dalam permainan. Bagi yang berkaca mata, kaca mata tidak perlu dilepas.

2. Senjata

Senjata yang dipergunakan adalah Senjata semi automatis (hanya sekali kokang) di mana kecepatan dan keakuratan tergantung dari jari telunjuk pemain.
Misalnya, untuk pengaturan peluru, senjata ini juga sudah di atur kecepatannya untuk jarak efektif yaitu 15 s/d 20 meter.
Untuk para pemain jarak tembak 5 meter dilarang menembak, jadi harus di atas jarak 5 meter baru boleh menembak, jika bertemu lawan di jarak 5 meter para pemain tsb, harus mundur ke base masing-masing.

3. Durasi permainan

Lama permainan adalah 2 x 20 menit.
Babak I 20 menit diselingi istirahat & Babak II 20 menit.

Waktu 20 menit di bagi menjadi 2 Yaitu:
Masa Orientasi
10 menit pertama adalah :
masa Orientasi / pengenalan lapangan, adalah di mana pemain yang tertembak di 10 menit pertama masih bisa bermain
masa Sudden Death
10 menit ke dua dmn pemain yang tertembak dinyatakan gugur dan harus keluar dari arena pertempuran.

4. Jenis Permainan

Terminator (saling menghabisi lawan)
Saling menghabisi lawan, dan di akhir permainan akan di hitung jumlah para pemain yang paling banyak jumlahnya team tsb dinyatakan menang dan sebaliknya akan dinyatakan kalah.

Perebutan bendera
Posisi bendera ada di Base masing-masing, Team harus saling merebut bendera & di bawa ke Base. Untuk Team yang lebih dahulu merebut bendera & menancapkan di basenya, team tsb dinyatakan menang.

5. Syarat Permainan
usia minimal 13 th
minimal 8 orang pemain ( 4 vs 4) & Max 30 orang pemain [STH]

10 thoughts on “Nyoba Hobi baru main perang-perangan (paintball)

  1. ayo bro, kita bejuang tanggal 2 ini, jangan sampe 10 menit awal dah dibantai habis….
    modal nekat, yang penting semangat, oce…

    Squad N 101 C, jaya……

  2. YOi….bro….go go go….

    lawan kita pertama relax girls nie….gimana jangan kalah man..masa kalah ma cewek

  3. Dear all,
    aku mau kasih info
    tanggal 29 dan 30 November 2008 ada kompetisi paintball ( pemula > sekolah dan umum ). pendaftaran 500 rb/ team 5 pemain 2 cadangan
    hadiah 2 juta, + nginap di villa dan hiburan
    1.5 juta dan 1 juta. lumayan murah dan bisa langsung nyebuuur…….mau ikutan kontek aja water boom sekarang ( free entrance untuk peserta )

  4. aq lg pengin coba nich…. kyakny seru, pastiny!!! mo tanya dong tmpt permainan seperti ini dmn az, tolong dong kirim2 alamat lengkapnya ya??!!
    thanx

  5. Jadi pengen main mas…ayo perang-perangan….

  6. mas,kalo saya mau nyoba ngembangin usaha paint ball ini, saya harus mulai dari mana?
    dimana saya bs mendapatkan semua peralatan permainan paint ball ini secara lengkap..
    mhn dijelaskan..trims..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s