Pusat Dokumentasi Situs Internet

Sesuai dengan namanya, web.archive.org merupakan pusat dokumentasi situs-situs yang ada sejak tahun 1996.Internet dalam dekade terakhir berkembang sangat pesat. Lajunya sebagai gudang informasi tidak dapat terbantahkan lagi, ruang simpannya yang tidak terhingga membuat internet berfungsi sebagai pencatat semua peristiwa dalam peradaban manusia.

Sejak diperkenalkan pada awal tahun 90-an situs-situs internet silih berganti, ada yang mampu bertahan hingga saat ini, namun tidak sedikit yang hidupnya hanya seumur jagung. Sayangnya jika situs tersebut telah ‘mati’ terkadang tidak bisa lagi membuka informasi yang inginkan untuk saat ini. Apalagi jika informasi tersebut memang penting

Mungkin ada baiknya anda mengunjungi situs yang bernama http://www.web.archive.org. Disini anda bagaikan mendapat ‘mesin waktu’ sendiri, karena archive.org menyimpan jutaan file yang ditulis di dunia maya mulai dari tahun 1996 hingga 5 bulan terakhir. Melalui situs ini anda tidak hanya mendapatkan tulisan saja, tetapi juga dengan alamat URL tersebut. Anda tidak perlu takut jikalau situs yang kita inginkan sudah hangus, karena archive.org, menyimpan dengan rapi dan menampilkannya persis seperti asli web tersebut.

Bisa menjadi jaminan kalau Archive.org tidak akan melewatkan satu website pun yang berlalu lalang di dunia internet, termasuk di Indonesia. Jadi, kalau anda mau mencari situs-situs yang beredar sejak tahun 1996 hingga saat ini, anda dengan mudah mendapatkannya disini. Cukup dengan mengetikan nama situs, atau file yang diinginkan, Archive.org akan menuntun kita ke URL yang dimaksud.

Semua jenis informasi tersedia disini mulai dari politik, sosial budaya, sampai hiburan tersaji lengkap. Akan tetapi anda harus siap kelelahan mata, situs ini tidak disajikan dengan rapi dan menarik. Semuanya ‘ditaruh’ begitu saja, jadi anda akan menemukan teks yang jumlahnya ribuan.

Anda pun dapat berpartisipasi dengan menjadi kontributor di dalam situs ini. Asal file yang anda masukan bukan berisi hal yang bersifat pornografi, kekerasaan, dan SARA. Mereka akan dengan senang hati menerima anda. Istimewanya, situs ini tidak hanya menampilkan teks semata, ada juga file musik, video, bahkan ada kanal vlog atau video blog.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s