Serangkaian Serangan Teroris Terjadi Di Mumbai India,

Hotel Taj Mahal diserang TerorisSerangan Terhadap Hotel Taj Mahal di Mumbai India. (AFP)

Teroris bersenjata otomatis dan granat Rabu kemarin menyerang kota besar di Mumbai India, setidaknya 10 serangan diluncurkan, saat ini ada orang Barat yang disandera dalam sebuah hotel. Media India melaporankan, dalam 87 orang yang tewas ada 9 orang teroris, yang luka-luka 250 orang.

Teroris menyerang hotel kelas tinggi, restoran, Kepolisian, stasiun kereta api yang padat, rumah sakit dan lokasi lain di pusat keuangan Mumbai di India. Serangan dimulai Rabu hingga hari Kamis.

Seorang polisi Jaji di kota Mumbai mengatakan kepada wartawan AFP bahwa “sekarang ada 80 orang tewas dan paling sedikit 250 luka-luka. Banyak orang yang terluka berada dalam kondisi yang sangat serius dan diperkirakan jumlah korban akan meningkat.”

Pembawa senjata menembak Hotel Taj Mahal dan Oberoi yang terkenal, setelah kedua hotel tersebut dikuasai, para tamu hotel yang nginap jadi sandra.

Seorang saksi mata mengatakan kepada televisi India, teroris sekitar jam 22:00 masuk ke dalam lobi hotel Oberoi, mereka mulai mengumpulkan tamu-tamu hotel dan mencari pemegang paspor Inggris dan Amerika, 15 orang dibawa sebagai sandera.

Teroris juga menyerang sebuah stasiun polisi, stasiun kereta api yang ramai Chhatrapati Shivaji terminal, restoran lokal terkenal Leopold’s di Mumbai.

Menurut berita stasiun kakak-beradik CNN- IBN dari web news kabel TV, teroris juga menyerang Rumah Sakit CAMA tempat perawatan khusus untuk perempuan dan anak-anak, bahkan mengambil-sandera.

Enam jam setelah serangan, teroris masih melepaskan tembakan ke arah polisi di Hotel Taj Mahal, Hotel Oberoi dan pasar Colaba. Teroris menggunakan senjata otomatis dan serangan granat bertempur melawan polisi.

kereta api mumbai diserangStasium Kreta api yang diserang (AFP)

Menurut kantor berita Reuters yang mengukutip stasiun televisi India melaporkan bahwa kepala polisi Kaerkali anti gerakan terorisme di Mumbai India tewas pada 26 malam dalam serangkaian serangan teroris.

Saat ini Polisi masih belum jelas apa motivasi teroris itu, tapi Mumbai sering diserang, serangan sepanjang Juli 2007 telah membunuh 187 orang.

Juru bicara Kepolisian mengatakan, lobi hotel Taj Mahal terbakar, team penyelamat sedang mencoba untuk memahami seberapa banyak orang berada di hotel. Dalam Hotel Oberoi, polisi mengatakan hanya terjadi tembakan, yang saat ini hotel telah dikepung, tetapi ia menolak untuk memberikan rincian.

polisi blokir jalanPolisi India memblokade tempat serangan di wilayah Colaba Mumbai.(AFP/Getty Images)

Saksi mata mengatakan restoran favorit wisatawan Leopold penuh dengan bekas tembakan peluru, di lantai masih ada bercak darah dan sepatu yang ditinggalkan wisatawan ketika melarikan diri. Saat itu pada sebuah jalan yang sama terdengar dua suara ledakan, diikuti oleh bunyi tembakan senjata otomatis, di jalan terlihat banyak pecahan kaca dan sebuah sepeda motor yang dirusak.

Polisi bersenjata membuat rintangan di sekitar jalan di dekat tempat kejadian. Alat transportasi dan kereta dagangan digunakan untuk memblokir orang dari luar. (http://www.dajiyuan.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s