Membuat game flash , Catch Yours Apples

buat temenku angel..yang lagi skripsi tentang flash.. bikin game catch apple, kebetulan setelah oprek2 file lama ada juga nie artikel nemu,,di beberapoa file ku semoga membantuyah… cepetan lulus, salatiga menanti tuh!! hehehaa

sebelumnya  belajar beberapa actionscript dulu ya ,

Game sederhana  nih aku namain “Catch Yours Apples”. Key. =D>

1.Buatlah sebuah Flash Document baru dengan ukuran 250×400px.
2.Pada layer 1 buatlah 4 buah frame dan pada masing2 frame tulis script stop();
3.Beri nama pada frame 2 dengan a,frame 3 dengan b dan frame 4 dengan c.
4.Tampilan pertama yang akan kita buat adalah tampilan agreement (maksudnya kita mau main ato tidak gitu D )
Kita buat sebuah tombol, lalu tuliskan script berikut pada tombol tersebut.

on (release) {
gotoAndPlay(”a”);
}

5.Tampilan ke dua ( pada frame 2 ) adalah halaman di mana game yag akan kita mainkan.
Lihat gambar di bawah ini :
game1

6.Buatlah 1 buah Movieclip lalu beri nama Apple (movieclip ini akan menjadi target yang ditangakap oleh box) pada instance name nya. Adapun isi dari Movieclip ini adalah..,kita buat dua layer di dalamnya.Lihat gambar :
game1
Pada layer 1 frame 1 kita buat gambar apple dari posisi atas lalu pada frame 50 kita buat apple pada posisi bawah. Kasih efect motion agar perpindahan terlihat bagus.
Buat layer 2 dan pada frame 1 tulis script :
_root.apple._x=random(250);
6.Selanjutnya buat sebuah movieclip baru dan beri nama instance name nya dengan box (sebagai media tangkap). Di dalam box sendiri buatlah 7 buah movieclip dan ber nama masing2 a1-a8 (movie ini akan kluar apabila aple tertangkap).
7.Pada Movieclip box kita tulis script :

onClipEvent (load) {
startDrag(this, true, 0, 330, 200, 330);
_root.box.a1._visible = false;
_root.box.a2._visible = false;
_root.box.a3._visible = false;
_root.box.a4._visible = false;
_root.box.a5._visible = false;
_root.box.a6._visible = false;
_root.box.a7._visible = false;
_root.box.a8._visible = false;
}
onClipEvent (enterFrame) {
if (_root.apple.hitTest(this)) {
a = Number(_root.line.score)+1;
_root.line.score = a;
with (_root.apple) {
gotoAndPlay(1);
}
if (a == 20) {
_root.gotoAndPlay(”c”);
}
switch (a) {
case 1 :
_root.box.a1._visible = true;
break;
case 5 :
_root.box.a2._visible = true;
break;
case 8 :
_root.box.a3._visible = true;
break;
case 10 :
_root.box.a4._visible = true;
break;
case 12 :
_root.box.a5._visible = true;
break;
case 14 :
_root.box.a6._visible = true;
break;
case 17 :
_root.box.a7._visible = true;
break;
case 20 :
_root.box.a8._visible = true;
break;
}
}
}

8.Selanjutnya kita buat Movieclip yang kita beri nama line (merupakan pembatas apabila apple gagal ditangkap, sebagai acuan breake). Lalu tuliskan script

onClipEvent (enterFrame) {
if (_root.apple.hitTest(this)) {
a = Number(_root.line.broke)+1;
_root.line.broke = a;
with (_root.apple) {
gotoAndPlay(1);
}
if (a == 3) {
_root.gotoAndPlay(”b”);

}
}
}

9.Udah selesai deh untuk halaman gamenya,setelah ini kita buat halaman untuk hasilnya yaitu gagal ato tidak.
10.Pada script di atas udah dijelaskan bila kita gagal maka akan lari ke fram b(frame 3). Maka pada frame 3 kita buat tulisan gagal dan pada frame ke 4 kita buat tulisan sukses.
11.Tekan CTRL+ENTER, dan selamat mencoba.

Download source code

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Membuat game flash , Catch Yours Apples

  1. Salam kenal,
    Minta izin downlad file sourcecode-nya dong, link yang disediakan untuk download tidak bisa dibuka.

  2. gak bisa di download nich !!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s