Kecepatan koneksi “GPRS – 3G – EDGE – UMTS – HSDPA – HSUPA”

Penting untuk diketahui  karena siapa tau anda brobro lg make modem dengan banyak pilihan koneksi dan bro en sis akan berada dalam posisi mengambil sebuah keputusan yang berkaitan dengan istilah-istilah itu. Semoga bermanfaat untuk anda.

GPRS = General Packet Radio Service. Layanan tambahan dari GSM network dalam rangka peningkatan kecepatan akses data dari maksimum 9,6 kbps menjadi maksimum 56 kbps. Jangan lupa istilah “kecepatan maksimum” ya. Yang artinya kalo dia menduduki satu TRX sendirian, maka kecepatannya bisa “segitu”. Tapi begitu harus berbagi, maka “segitu” tadi harus dibagi dengan tetangga pengguna. Semakin banyak pengguna, semakin sedikit jatah kita. GPRS sering disebut sebagai teknologi 2,5G.

EDGE = Enhanced Data rates for GSM Evolution. Teknologi peningkatan dari GPRS yang sering disebut 2,75G. Di teknologi EDGE ini kecepatan maksimum data rates bertambah menjadi 236 kbps. Kondisi ini tercapai kalo kita hanya sendirian menduduki satu TRX di BTS itu ya.

UMTS = Universal Mobile Tele Services. Adalah nama standard sistem telekomunikasi. UMTS menjanjikan standard pelayanan telekomunikasi bergerak (voice dan sms) serta data bearer yang lebih mutakhir dari sisi kecepatan, protokol dan koneksi. UMTS mensyaratkan data bearer speed 144 kbps (satelit dan rural jarak jauh), 384 kbps di pemukiman dan 2 Mbps di indor dan rural jarak dekat. 3G = Third Generation. Adalah implementasi UMTS di lapangan. Menjanjikan kecepatan data sebesar 384 kbps maksimum downlink (64 kbps uplink) disamping standar pelayanan voice dan sms.

HSDPA = High Speed Downlink Packet Access. Sering disebut 3,5G karena kemampuan downlink yang lebih tinggi dari 3G yaitu hingga 1,8 Mbps (upload 384 kbps). Namun kecepatan data setinggi ini terpaksa dilakukan dengan mengorbankan coverage signal yang jauh lebih pendek dari normalnya coverage GSM.

HSUPA = High Speed Uplink Packet Access. Seperti HSDPA tetapi uplink stream lebih tinggi. Beberapa sistem membutuhkan HSUPA, misal network server di central office yang melayani banyak cabang di lain tempat dengan wireless, maka paling cocok koneksi di sisi itu adalah HSUPA.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 thoughts on “Kecepatan koneksi “GPRS – 3G – EDGE – UMTS – HSDPA – HSUPA”

  1. jadi intix bgusan mana? ? ? ? ? ? !

  2. Threatna keren, hp yg support jaringan data hsupa mahal ga ya ?

  3. Kelas GPRS skrg yg paling tinggi brp? Klo nggak salah kelas 12 ya.. Apakah semakin tinggi kelas nantinya bs menyamai kecepatan 3G..? Thank’s before…

  4. yang bagus cuma hsdpa kalo yang lain gprs edge 3g masih berat tapi lumayan hiburan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s