Si Misterius Venus Fly Trap, Tanaman Insektivora

Pernah dengar kata ini sebelumnya? Bagi beberapa orang mungkin kata ini cukup asing, masuk kategori apakah kata tersebut… Dionaea muscipula adalah sejenis tanaman insektivora (pemakan serangga), walaupun pernah ditemukan juga dia memakan kodok! lho kok bisa! Kalo gitu kita sama-sama aja mengenal tanaman ini lebih lanjut.

Tanaman yang misterius ini telah diketahui oleh ilmuwan tanaman selama 200 tahun. Kejadiannya konon bermula pada tanggal 2 Januari 1760, ketika Gubernur kolonial, Arthur Dobbs berjalan-jalan di hutan Carolina Utara, dia tertarik dan heran dengan keberadaan tanaman tersebut. Dia melihat bentuk tanaman aneh yang bisa menangkap serangga, antara lain lalat, kumbang, ngengat, dll, makanya tanaman ini di kasih nama Fly Trap. Kemudian pada tahun 1875 Charles Darwin, tertarik dengan Venus Fly Trap. Masih penasaran? nih gambarnya si-Venus Fly Trap ::



14 thoughts on “Si Misterius Venus Fly Trap, Tanaman Insektivora

  1. bagaimana mereka bisa memakan serangga?

    • dengan cara membiarkan serangga masuk , karena tanaman tersebut memiliki rupa yang aneh lho mempunyai kipas lebar !!! lalu dia makan dech !!!!!??????………. semua jelas ??! aq lah yang paling pinter karena bisa menjawap pertanyaan kamu!!!!!!!!!! wk …wk wk ….wk….wk….

  2. Daun tumbuhan Venus berbentuk menyerupai buku yang terbuka. warna bagian dalam nya merah menawan,sangat menarik perhatian serangga.apalagi di tamgah aromasedap yang keluar daari kelenjar di sekeliling daun,semakin menggoda serangga untuk hinggap di daun venus.
    Begitu serangga hinggap dan terjadi beberapa kali gesekan anrata serannga dan permukaan daun tumbuhan ini segera menutup daunnya rapat-rapat. seranggapun terperngkap di dalam nya.gerakan-gerakan serangga yang hendak membebaskan diri justru membuat daun semakin erat mengapit.Tumbuhan ini kemudian mengeluarkan cairan untik menghancurkan dan melarutkan daghing serangga.pProses Penghancuran ini bisa membuat serannga menjadi bubur..Hemmm santapan yang lezat buat Venus…
    oh iya tumbuhan iini mampu menutup daunnya dengan kecepatan yang sangat tinngi,Jauh lebih cepat daripada manusia menangkap seekor lalat! serangga yang bergerak cepatpun tak bisa lolos dari sergapan daun Venus…..

  3. mereka kok bisa memakan serangga

  4. dia hidupnya di daerah kaya gmn???

  5. sebenarnya itu hanya menjebak serangga saja…eitsss dia gk makan serangga melaikan membantu memberikan serat2 akan tetapi dia hanya menutupnya sja setelah beberapa hari / minggu nanti serangga itu akan di keluarkan lagi…

  6. JinX*|Pro-Amanda adlah p’main PB Terbesar Pangkatnya

  7. oalah… bagus,.. baguus

  8. venus terdiri atas: pelepah aja, tangkai aja , tangkai +pelepah aja?

  9. gmn cr dpt tanaman ini? bgmn cara tanaman ini hidup? apakah sama dg tanaman lain atau hidup krn makan serangga?
    thank you

  10. Kalo tangan kita dimasukin gimana tuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s