.htaccess [ Hyper Text (Transfer Protocol) Access File]

mari bermain .htacces

.htaccess adalah kependekan dari Hyper Text (Transfer Protocol) Access File. Gunanya adalah untuk mengkontrol files dan biasanya diterapkan di apache web server.
.htaccess bisa dimanfaatkan dalam banyak hal, seperti melarang akses ke file, friendly 404 page not found, mod rewrite dan banyak lagi.

[Tips] Mengkunci www pada url website

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^mydomain\.com$ [NC]
RewriteRule ^(.*) http://www.mydomain.com/$1 [L,R=301]

copy kode di atas pada .htaccess dalam root website kamu, kalau .htacess belum ada silakan buat sendiri.

Dalam kode rewrite di atas setiap user masuk lewat mydomain.com akan langsung diredirect 301 menuju http://www.mydomain.com
Trus apa keuntungannya mengkunci www.
Sebenarnya ini adalah salah satu teknik seo, supaya tidak terjadi duplicate indexing pada website kamu. Selain itu kamu juga bisa memilih selalu memakai www (www.mydomain.com) atau selalu tidak memakai www (http://www.mydomain.com). Gw sendiri memilih selalu memakai www karena penggunaan www sangat umum dipakai.

Tapi sebelum mencoba kode di atas coba dulu apakah http://mydomain.com dan www.mydomain.com meunuju tempat yg sama
SElamat Mencoba!!!

[Tips] Menghindari hotlinking

Masukkan kode berikut pada .htaccess root website kamu.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http://(www\.)?mydomain\.com/ [NC]
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
RewriteRule \.(jpeg|gif|bmp|png)$ images/no_hotlink.gif [L]

Trus jangan lupa bikin file images no_hotlink.gif dan simpan di folder images.

Dalam kode di atas, jika ada akses(referer) selain dari mydomain.com untuk files2 berekstensi jpeg, gif, bmp, png akan dialihkan ke images/no_hotlink.gif.
Note. Anda dapat juga menambah/mengurangi ekstension sesuai keinginan anda.

Jika anda juga ingin menghindari direct link, hilangkan baris ke3

RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s