Tutorial SMART MODEM HAIER D1200P C700 ZTE C261

Bulan September 2009, Smart-Telecom yang bekerjasama dengan Haier-Mobile dan ZTE-Com meluncurkan paket HP modem Haier C700 dan ZTE C261 dengan harga Rp. 399.000,- plus internet gratis selama 90 hari.
Haier C700
– Layar warna 65.000 (sama seperti D1200P)
– CDMA 1x Modem (sama seperti D1200P)
– WAP 2.0 (sama seprti D1200P)
– Opera Mini (wah..ini baru beda, bisa langsung online di hp)
– Brew 3.1.5 (bINARY rUNTIME eNVIRONMENT for wIRELESS)
– Slot Micro SD up to 4gb (ini juga tdk ada di D1200P)
– Mp3 Player (ini juga tdk ada)
– Kabel data, driver dan handset (ada, kecuali handset)

Nach..disini bisa kita lihat bahwa smart sangat membanggakan tekhnologi chipset QSC1110 (single chip solution)
Sebenarnya apa saja kegunaan dan keunggulan chipset ini?
Saya mencoba mencari info langsung ke web vendornya di negara tirai bambu, yaitu Qualcomm, yang memang berbasis pengembangan tekhnologi CDMA, ternyata press release tentang chipset seri itu belum ada, yg ada adalah type QSC1100, dengan spesifikasi sbb:

Brew

Seperti yang tertulis di atas, tekhnologi chipset qsc 1100 menawarkan peningkatan kemampuan sampai 2x lipat, baik untuk klien maupun untuk network operator, berarti keduanya untung kan? Seharusnya kemampuan Haier C700 maupun ZTE C261 2x lipat dari pendahulunya yaitu D1200P . Jika anda pernah menggunakan D1200P seharusnya anda bisa merasakan peningkatan itu. Bagaimana jika anda tidak merasakan bedanya alias kemampuannya “sami mawon” dengan pendahulunya? Ada banyak kemungkinan jawaban, mungkin karena pihak operator meningkatkan jumlah klien lebih dari 2x lipat, sehingga berimbas pada kecepatan klien?

Kenapa seri qsc 1110 yang sudah direlease di indonesia belum ada di press release di qtcconnect.com? padahal menurut vivanews, tekhnologi qsc 1110 sudah ada sejak 19 Februari 2009??

Selain itu, modem baru ini kabarnya sudah menggunakan triband dan bisa di unlock ke frekwensi 450/800/1900.(benarkah?)

Wah..kedengarannya menggiurkan (kalo berita itu benar sich…, tp sampai sekarang penulis belum menemukan kode unlock untuk Haier C700), jadi traffic yang semula hanya di 1900 bisa di bagi tiga nich, alias bisa digunakan untuk sim card CDMA yang lain walaupun dalam hal ini penulis pesimis bahwa hp modem smart ber-triband (melihat pada kasus2 sebelumnya). Jadi bila anda ingin mencari key to unlock hp modem smart, sebaiknya anda mempertimbangkan lagi.

Yang jadi masalah adalah modem baru itu nanti juga mempunyai masalah yang sama dengan yang lama, yaitu Haier d1200p ? Dari beberapa teman yang memakai seri tersebut mengatakan bahwa,
“dulu memang cepat, tapi sekarang mulai terasa lambat”
dan mereka mulai mencari-cari tools untuk mempercepat koneksi. Trus saya sarankan untuk menggunakan tools yang saya gunakan untuk Haier D1200P untuk mempercepat koneksi mereka.

Berikut saya jelaskan mengenai setting D1200P beserta tools yang saya gunakan

  • Start–Setting–DialUp Networking
  • Pilih Network–Internet Connection
  • Pilih Create a new Connection —New Connect Wizard
  • Pilih Connect to the Internet–Setup my connection manually
  • Pilih Connect using DialUp modem
  • Ketik nama ISP pada kolom ISP Name
  • Ketik no telp pada kolom  Phone number box
  • Pada Options, pilih Anyone Use
  • Ketik User Name dan Password
  • Tandai check box pertama dan kedua (yg ketiga biarkan kosong)
  • Tandai tick box, untuk membuat shortcut
  • Finish

Pertama kali saya menggunakannya memang terasa lambatnya, mungkin karena saya terbiasa memakai speedy, kemudian saya coba test koneksi dan kecepatan. Koneksi memang sering putus, itu terbukti ketika saya mencoba upload data. Soal kecepatan saya coba test di speedtest tapi sayang sekali, gagal loading, kemudian saya coba diwaktu subuh, walaupun lama ternyata bisa dan hasilnya upload 0.01 mbps download 0.01 mbps. Kemudian saya mencoba menggunakan berbagai software dan pendukungnya:

  • Opera 10 beta /turbo
  • ViaUsb Setup1.3.16alpha
  • Mobile Partner
  • CFosspeed
  • DialupBoostthrottle
  • INT SPEED
  • Slipstream
  • IDM
  • Freshdow
  • Free DNS
  • Modifikasi registri
  • Modifikasi browser
  • Mengganti nomor dialup,password, username
  • Mengganti kabel data dengan kabel data kamera digital merk sony
  • Memperkuat tangkapan sinyal dengan menggunakan wajan atau tutup panci dengan bahan dasar alumunium. (jika tangkapan sinyal kurang bagus). Semakin besar penampang, semakin kuat sinyal yg ditangkap. Hp cukup diletakkan di tengah wajan/tutup panci..dan…clink…naik 2-3 bar.
Kemudian saya mulai meminimalisir penggunaan software yaitu hanya menggunakan Opera 10 beta/turbo/CR, ViaUsb_Setup1.3.16alpha (atau menggunakan mobile partner), CFosspeed, IDM dan DNS.
Hasilnya memang beda, ada peningkatan yang cukup signifikan dalam penangkapan sinyal, kestabilan koneksi dan kecepatan.
Menurut pengamatan saya, Opera turbo, tidak bisa bekerjasama dengan Slipstream entah karena cara kerjanya sama atau karena crash, tapi setiap kali turbo pada opera dan Slipstream saya aktifkan bersama, koneksi menjadi lambat. Oleh karena itu Slipstream saya nonaktifkan. Beda lagi jika kita menggunakan browser Firefox, Slipstream dapat berjalan bersama dan kecepatan browsing memang berlipat ganda jika di setting ke posisi Extremely High, tapi ingat, gunakan Slipstream hanya saat koneksi anda benar2 lambat atau bandwidth rendah kecuali yg anda butuhkan adalah text, karena Slipstream akan mengkorup file2 yg dianggap tidak dibutuhkan (biasanya gambar) kecuali file yg bertipe txt. dan jangan melakukan kegiatan download apapun jika slipstream dalam keadaan aktif, karena data akan terkorup.
Cfosspeed yang bekerja dengan melakukanTraffic compression, jadi software ini sedikit memakan memory dan waktu bagi processor ketika melakukan kompresi, tetapi hasilnya memang patut diacungi jempol.
Sedangkan Mobile Partner adalah sofware yang ada dalam modem Huawei 3G HSDPA yang saya aplikasikan untuk mengetahui traffic download maupun upload dari nomor Smart, sehingga saya bisa memantaunya dengan lebih akurat, daripada dengan menggunakan “test speed” yg memakan pulsa.
Berikutnya saya coba membandingkan 2 browser, yaitu opera turbo dengan firefox, keduanya sudah dalam keadaan tweak. Ternyata memang ada perbedaan, firefox sedikit lebih cepat dibandingkan opera turbo. Tetapi saya tetap menggunakan opera turbo karena nyaman digunakan untuk keperluan pengunduhan email, baik menggunakan pop3 maupun imap serta tidak membutuhkan slipstream tools karena sudah terintegrated dengan turbo charger.
Sebenarnya langkah modifikasi browser dan modifikasi registri tidak begitu diperlukan, karena koneksi yang kita gunakan adalah dialup. Modifikasi browser maupun registri lebih diperuntukkan bagi yang menggunakan koneksi kabel. Jadi jika anda tidak bisa memodifikasi browser maupun registri, tidak usah pusing untuk melakukannya, cukup di skip aja langkah2 itu.
Berikut daftar dialup yang sudah saya coba:
cdma : smart = *777*222*33*11111#
telkom : telkom = 080989999
smart : smart= *777# , *001#, 008#, *99#
wap : wap = *31*11111#
Nama =wap@cingulargprs.com
Pass= cingular1 (atau 2)
Dial = **99***1# (atau 2)
Nama= free@cameldial.co.uk
Pass= free
Dial= 08456040898
SMTP = mailrelay.cameldial.co.uk
Nama = free dialup
Dial = 08451232000
Username= free
Pass= dialup

Cara mendapatkan hasil yang lebih akurat dalam melakukan test kecepatan
Koneksi internet dipengaruhi oleh banyak faktor, untuk mendapatkan hasil yg lebih akurat, lakukan beberapa langkah dibawah ini:

  • Tutup semua browser aktif yang mungkin sedang anda buka
  • Tutup semua program yang sedang terhubung dengan internet
  • Jalankan program test kecepatan pada waktu yang berbeda-beda
  • Lihat hasilnya
Bagi teman-teman yang ingin melakukan test kecepatan, tapi koneksinya lambat, sering gagal untuk resolv ke server speedtest.net , Silahkan mencoba alamat-alamat berikut ini:
www.testmy.net (rekomendasi)
Dari beberapa alamat tersebut yang paling saya suka adalah testmy.net karena ringan dan lebih akurat daripada http://www.speedtest.net. (silahkan dibandingkan sendiri)
TIPS
  • Saat baterai hp modem Haier d1200p panas, copotlah baterai tanpa mematikan hp atau mencabut kabel data ke pc atau laptop, karena menurut pengalaman saya, koneksi akan tetap berjalan kurang lebih selama 20-40 menit tanpa baterai.
  • Ketika di layar komputer muncul pesan bhw koneksi terputus dan akan diredial, anda mempunyai waktu 60 detik untuk memasang kembali baterai ke hp agar koneksi tetap berjalan. (jgn lupa, sebelum menancapkan kabel data, tutup baterai dicopot saja, selain untuk mengurangi panas, juga agar baterai bisa dilepas, tanpa mencabut kabel data)
  • Semua tools diatas bisa digunakan untuk mempercepat semua koneksi internet baik download maupun upload yang berbasis dialup, baik CDMA maupun GSM  kecuali ViaUsb Setup1.3.16alpha yang khusus untuk seri D1200P

SF:  http://anomalitest.blogspot.com/2009/09/test-nomor-smart-modem-haier-d1200p.html … thanks artikelnya.. sangat membantu ~

12 thoughts on “Tutorial SMART MODEM HAIER D1200P C700 ZTE C261

  1. tombol rahasianya tahu ga?ga bisa manggil & menerima.please sms 085718043996

  2. Mass…saya sudah coba pake cFosSpeed tapi pas Saya Connect to… SMART
    gak mau conect2 mas… Bgmna y supaya bisa connect kalo pake cFosSpeed?
    Trims

  3. Mass….sudah coba pakai INT SPEED, Tapi ko di minta serial number and license, tlng mas kirimin serial number and license.

  4. iya nih, kebetulan saya jg pke modem smart hp type c261. saya pernah suatu hari browsing dan menemukan web tentang pengaturan setting configurasi melalui open run: dengan mengetik gpdit.msc. tapi kok jadinya justru loading malah tambah lemot ya, kemudian saya coba cari2 lagi tool pendukung speed dg mendownload speed connect 7.5 tapi ga tahu mas..ga ada perubahan malam tambah lem ..lem.. aza.

  5. coba hp taruh diatas kaleng biskuit yg blat kalau bisa taruh kleng lebih Tnggi dr lptop/pc pasti ada perubahan,smga bermanfaat

  6. kalo menurut saya, pada dasarnya kecepatan koneksi walaupun menggunakan software pendukung untuk mempercepat koneksi apa saja, ternyata sama saja, tergantung tempat kita melakukan koneksi, apakah trafik lagi penuh atau tidak. walopun tambah cepat, itu hanya sedikit dan tidak lama….. itu menurut saya….

  7. nice tutorial bro, support this post, visit me back🙂

  8. gan aku punya probelm sama modem smart ac 2726 nih
    modemnya g bisa di detect sama windowsnya
    tapi pas q coba di tempat lain kedetect dianya
    tolong saran dan batuannya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s