Kanal data dan pancaran BTS,Smart _telecom

Masalah kanal, sedikit informasi
kanal data Smart ada 3 (sampai saat ini)
1075, 1100, 1125

nah sekarang yang menentukan kanal itu adalah MODEM anda, dengan acuan parameter yang sudah diinject ke dalamnya (atau kedalam ruim) yaitu PRL (Preferred Roaming List),

nah kalau si Modem masih merasa ‘nyaman’ di satu kanal dia unlikely akan pindah ke kanal sebelahnya. ‘nyaman’ dalam hal ini bukan dalam artian speed bagus (si modem tidak mengerti yang namanya speed) yang dibaca parameter radio, dan parameter pendukung lainnya.

jadi itu cenderung pilihan si modem ,

Sedikit informasi mengenai pancaran BTS,

apabila BTS serving makin banyak USER akan berbading terbalik dengan LUAS PANCARAN si BTS,

misal BTS A (dikelilingi oleh BTS B. BTS C. BTS D), nah pada saat lenggang, BTS A bisa cover (misal) sampai dengan radius 2 kilometer, NAH seiring pertambahan user. Daya Pancaran BTS ini akan men’ciut’ (shrinking) hingga 1km bahkan 500m saja.

misal user X diserve oleh BTS A pada lokasi 1.5km dari BTS, nah pada saat kosong si X masih di cover oleh BTS A, tapi setelah user makin banyak pada BTS itu, pacarannya akan shrink sampai di point tertentu, si X tidak dapat lagi di server oleh BTS A. nah kalau sudah begini bagaimana jadinya?

nah di setiap BTS itu ada yang namanya table NEIGHBOR LIST, nah table ini berisikan BTS-BTS mana yang terdekat dengan BTS A, tujuannya apabila BTS A tidak dapat serve. maka BTS Sekitar-nya bisa tetap serve. Neighbor list ini di lempar ke modem saat koneksi, sehingga si modem yang menentukan, kalau sudah gak dapat A maka saya akan lari ke B.

Nah dilapangan dinamisasinya sangat tinggi (proses-proses di atas. backround saat anda connecter, jadi kenapa saya tadinya di PN ini kok pindah ke PN itu, kenapa saya di kanal ini kok pindah ke kanal itu, dll)

APALAGI BAGI USER-USER yang sedang berada di BORDER ZONE antara BTS, nah kalau udah begitu , akan jelek performanya, karena akan lempar-lemparan PN (toggling antara PN A dan PN B), kalau dah gini data akan tersendat sendat. BORDER ZONE sendiri sifatnya dinamis (karena karakter shrinking tadi)

makanya ada yang pasang wajanbolic lah, centongbolik, hiperbolik,dll untuk membuat suatu PN lebih dominan dengan cara men-directional kan tangkapan ke salah satu BTS. dgn gini PN akan stabil dll.

nah ini karena teknologinya seperti itu, kembali lagi yang sering saya utarakan sebelumnya, solusi MOBILE broadband sebenarnya untuk solusi internet bergerak bukan untuk stationer saja. (tapi sepertinya sebagian besar pelanggan smart, jadikan ini solusi fixed di rumah, well itu hak mereka, tapi ya konsekwensi nya itu, jadi sering merasakan crowded)

gitu loh…

==============
PN=Pilot Number

Setiap BTS ada 3 sector nah setiap sector ini diassign Pilot Number, nah NEIGHBOR LIST ini isinya adalah PN-PN yang terdekat dari BTS asal, terbagi atas Ring 1, yaitu PN-PN yang direct neighbor dengan BTS asal, Ring 2 yaitu PN-PN yang tidak direct neighbor dengan BTS asal (tapi direct neighbor dari Ring1) – untuk saling backup serving, dan untuk handoff VOICE CALL, DATA CALL sehingga user bisa terus CALL/Browsing saat bergerak (let say online dalam mobil)

[Diskusi] Smart EVDO & 1x

One thought on “Kanal data dan pancaran BTS,Smart _telecom

  1. wew ribet jg ya bozz tp gw udah pake antena yagi sinyal nya sekarang udah full evdo cmn yg gw keselin tuh paketan data suka error apalagi yg pasca bayar uuuhh bikin gw sering naek pohon kelapaa wkkakaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s