personal branding

Apakah personal branding itu? Apakah ada kemiripan dengan melekatkan sebuah brand atau merek pada suatu produk?

Dalam pemahaman ku, personal branding adalah suatu cara untuk mengenalkan kepada orang banyak tentang karakter diri kita, bidang yang menjadi keahlian dan ketertarikan, serta hal-hal khusus seperti gaya berkomunikasi baik lewat ucapan atau tulisan.

Di dunia internet yang tumbuh sedemikian pesat, seseorang dapat memanfaatkan media ini untuk mengenalkan dan menjelaskan dirinya kepada khalayak ramai.

Dengan membuat sebuah blog yang berisi tulisan bermutu terkait bidang yang menjadi minat dan keahlian, secara tidak langsung sebenarnya Anda sedang membentuk sebuah citra diri atau brand. Orang akan mengkaitkan gaya tulisan Anda, materi tulisan yang Anda buat, tema-tema yang Anda sukai dengan kepribadian Anda. Tentunya hal tersebut harus dilakukan dengan benar dan bertanggung jawab, bukan sesuatu yang berbeda dari diri Anda yang sesungguhnya.

Dengan membuat blog, sebenarnya Anda menciptakan sebuah representasi kecil diri Anda. Semakin kuat tema yang diangkat apalagi jika merupakan sesuatu yang merupakan minat dan keahlian Anda, cepat atau lambat akan menjadi media promosi sebagai Personal Branding. Orang akan mengenal dan mengidentifikasi Anda lewat tulisan yang Anda buat.

Lantas bagaimana dengan anda ?

Sudahkah membuat personal branding lewat blog Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s