Si ANDROID yang akanbenamkan Si BLACKBERRY

 

Android merupakan sebuah Operate Sistem bukanlah sebuah HP, Android hanya sebuah OS untuk HP saja. Jadi seumpama kita ingin beli HP Android maka itu salah, yang benar adalah beli HP yang berbasis Android.

Google akhirnya resmi mengumumkan Android 2.2, generasi ke tujuh dari platform smartphone berbasis open source itu. Platform software versi terbaru yang juga disebut dengan nama kode Froyo itu diumumkan dalam acara Google I/O di San Francisco, AS, Kamis (20/5/2010).

Untuk kedua pengembang aplikasi, dan pengguna, fitur ini akan membuat perbedaan besar. Sebagai pengembang, anda ingin seluruh basis pengguna menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak Anda – hal ini memberikan kepuasan yang lebih pada pengguna, dan membuat perangkat lunak Anda lebih mudah di support.

Sebagai pengguna, dibutuhkan upaya yang lebih dari yang diperlukan untuk menjaga aplikasi Anda up to date. Jika Anda punya 50 apps besar dengan banyak pengembangan aktif, Anda akan menghabiskan sebagian waktu anda untuk mengupdate software. Ok, hal ini mungkin berlebihan, tapi jelas lebih baik untuk memiliki sistem operasi melakukan hal-hal yang ”berat”.

Versi baru hal-hal seperti ini adalah baik untuk beberapa alasan – Keamanan, stabilitas, kinerja, dll. Versi terbaru dari kernel benar-benar menggunakan RAM yang lebih sedikit. Hal ini akan berdampak positif pada ponsel anda.

Pertumbuhan ponsel Android yang begitu pesat diperkirakan akan membenamkan BlackBerry. Tetapi apa benar hal tersebut akan terjadi? Apa BlackBerry akan tingal diam dengan adanya Android ini? Kita tunggu saja.!! Ponsel Android maupun BlackBerry memiliki kelebihan yang berbeda satu dengan yang lainnya diantaranya: ponsel Android unggul pada multimedia sedangkan BlackBerry unggul dengan messagernya. Dengan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing ponsel, bukan tidak mungkin akan terjadi persaingan di pasar global. Saat ini di pasar global, Android sudah mampu menumbangkan IPhone dan grafiknya terus berkembang pesat disbanding dengan BlackBerry.

Kelebihan Android

  • Harga lebih murah.
  • Unggul dalam aplikasi karena android mempunyai market sendiri yaitu google market store yang menyediakan lebih banyak aplikasi daripada BB market store.
  • Unggul dalam multimedia
  • Layanan internet tanpa batas
  • Mencakup semua fitur dalam IPhone maupun BlackBerry kecuali BBM (BlackBerry messager)

Selain hal itu, Android juga mempunyai banyak fitur dari segi entertainment dan segi bisnis kata mas ibun (praktisi android). Di segi entertainment android memiliki kompas yang tidak perlu connect dengan internet, game balap dengan cara menyetir, lebih berwarna, touch screen(standart), GPS yang bisa di gunakan di mobil, kaya aplikasi, desktop bisa diatur sendiri sehingga setiap individu mempunyai tampilan yang berbeda-beda Di segi bisnis, android bisa digunakan untuk membuat aplikasi yang tujuannya untuk memasarkan bisnis mereka.

Bila dibandingkan dengan BlackBerry, Android hanya kalah pada segi messager karena dalam BlackBerry mempunyai aplikasi BBM (BlackBerry messager) yang belum bisa open terhadap industri-industri lain, jadi saat ini hanya dimiliki oleh BlackBerry. Apabila BBM sudah open, bukan tidak munggu Android akan semakin menggila.

Ponsel Android sangat cocok untuk anak yang berjiwa muda dan gemar mengngotak-atik ponsel karena Android emnggunakan layanan barau yang lebih inovatif, mempunyai video gadgets, memberikan informasi yang cepat dan luas. Karakter pengguna Android akan lebih tau tentang aplikasi terbaru karena akan seing mendownload aplikasi-aplikasi terbaru. Untuk masalah virus, ponsel Android dirasa masih aman dari gangguan virus maupun tidak menggunakan antivirus. Bila ingin menggunakan layanan antivirus bisa langsung didownload di google market store

Dalam pemasangan Android tidak semua HP bisa digunakan, tetapi hanya HP yang memiliki OS linux sehingga bisa diganti dengan Android. Kelebihan lainya yaitu bisa di upgrade sendiri. Misalnya kita telah mempunyai ponsel dengan OS android versi 1.5 kita bisa meng-upgrade dan mengotak-atik sesuai prosedur maka akan berkembang menjadi versi 2.2 (versi terbaru)

Pada sesi interaktif, ada pertanyaan dari Afni (Bogor, Jabar) yang menanyakan tentang berapa kapasitas ideal memory Android? karena ponsel milik Afni terkadang “diam” saat digunakan. Selanjutnya Ibnu menjawab, bahwa tidak ada batas minimal memory, memory 2 Giga pun masih kompetibel, agak lambannya mungkin karena ROM yang tidak sesuai atau terlalu banyak pasang aplikasi. Solusinya dengan meng-uninstall atau ganti ROM baru. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Ibnu juga mengatakan bahwa, semua mobile phone bisa jadi Android, tapi dengan berbasis Linux atau berbasis Windows Mobile.

Tips untuk menentukan pilahn antara iPhone, Blackberry atow pun ANDROID adalah kenali kebutuhan kita masing-masing, apabila ingin lebih ke multimedia daripada BBM(BlackBerry Messenger) maka Android merupakan pilihan yang tepat. Dan bertanya-tanya pada tweeter android di DOKTERDROID

sumber: e-livestyle metrotv, minggu tanggal 17 oktober 2010

One thought on “Si ANDROID yang akanbenamkan Si BLACKBERRY

  1. smogaaa ane bisa beli tuh hape berbasis android..hehehe
    makasih infonya Gan..
    oia linknya udah dipasang tuh di blog ane, http:/adilahat.com🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s