SIM Berteknologi Chip untuk Bayar Tilang dari bank BRI

Dalam memudahkan proses pembayaran denda saat terjadi pelanggaran aturan lalu lintas di lokasi, BRI meluncurkan SIM Smart yang dapat langsung digunakan pada mesin EDC yang dibawa petugas di lapangan. Paulus Yoga

Jakarta–PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk memperkenalkan terobosan dalam pembayaran denda lalu lintas melalui SIM Smart, yang diluncurkan di Jakarta, Jumat, 25 Maret 2011 atas kolaborasi BRI dan Kepolisian.

“SIM Smart merupakan Surat Ijin Mengemudi berteknologi Microchip yang berfungsi selain sebagai driving license (SIM) juga dapat sebagai alat bayar titipan denda tilang melalui mesin EDC (Electronic Data Capture) yang dibawa petugas di lapangan,” ujar Direktur Utama BRI Sofyan Basir, kepada wartawan.

Menurutnya, produk tersebut baru diujicobakan di seluruh Indonesia mulai kemarin. Penggunaan SIM Smart ini selain memudahkan karena praktis, juga diharapkan akan meningkatkan transparansi di kepolisian.

Prosedur kepemilikan SIM Smart pun tak sulit, cukup mengikuti prosedur antara lain aplikasi SIM Smart di Kantor Pelayanan SIM setempat dengan mengisi formulir, pendaftaran, mengikuti tes teori dan praktek, mengikuti proses pemotretan dan terakhir mengaktifkan SIM Smart di Bank BRI.

“Petugas Bank BRI akan memberikan panduan tentang pengaktifan SIM Smart dan menganjurkan kepada pemegang SIM untuk mengisi saldo ke dalam SIM Smart. Adapun pengisian saldo SIM Smart (top up) dapat dilakukan secara tunai maupun overbooking dari Kartu Debit BRI atau Kartu Debit bank lain, baik melalui mesin EDC, ATM maupun teller di seluruh Kantor Cabang Bank BRI,” papar Corporate Secretary BRI Muhammad Ali, dalam keterangan resminya.

Ia melanjutkan, nantinya para pemegang SIM dapat melakukan penggantian SIM Smart pada saat perpanjangan SIM. Perubahan dari SIM biasa ke SIM Smart, tidak dikenakan biaya.

Ditargetkan, seluruh pemegang SIM di wilayah kerja Polda Metro Jaya akan dapat menggunakan SIM Smart.

“Ke depan dimungkinkan SIM Smart ini dapat dipergunakan untuk transaksi di pom bensin, secure parking, minimarket, dan lain-lain,” tandasnya. (*)

Sumber : http://www.infobanknews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s