Hidup = Belajar

Apa sih yang udah kalian semua lakuin saat kalian hidup sekarang? Pasti banyak kan? Tapi itu semua dapat kita rangkum semuanya dengan kata “belajar”. Ya, tanpa kita sadari seluruh kehidupan kita kita habiskan dengan belajar? Ada yang bisa sebutin satu hal aja yang bukan bagian dari pembelajaran dalam hidup kita? Bahkan sesuatu yang kecil sekalipun seperti berjalan kaki juga termasuk pembelajaran. Pasti kalian bingung kan bagian mana dari jalan kaki yang bisa disebut belajar? Pasti sebagian dari kalian ada yang bilang belajar berhitung. Kok bisa? Ya, iyalah kalau dia jalan sambil ngitungin langkahnya. 1,2,3 sampai dia nyampek tempat tujuan, itu memang bisa disebut belajar berhitung. Tapi menurut gue, cuma orang tolol bin idiot yang mau ngelakuin itu. Belajar yang gue maksud itu bukan itu, tapi ini, dengan berjalan kaki kita secara tidak langsung belajar untuk sabar. Karena kita pasti sabar jalan sampai ke tempat tujuan yang lumayan jauh misalnya. Kalaupun tujuannya dekat misalnya cuma 3 langkah, paling tidak kita belajar untuk tidak merusak lingkungan dengan naik motor. Itulah menurut gue salah satu pembelajaran yang bisa kita petik dari berjalan kaki.

Pelajaran yang paling banyak kita petik dalam hidup ini ada pada 2 hal penting yaitu saat kita lagi susah dan saat kita lagi senang. Jika sedang susah, pasti kita berusaha sekuat tenaga untuk keluar dari kesusahan kita itu. Cuma orang gila yang mau susah terus. Bahkan orang gila sekalipun pasti pengen hidup seneng kalo dia waras.

Disaat kita senang, kita juga sebenernya sedang belajar. Belajar apa? Belajar untuk mensyukuri nikmat yang telah kita peroleh dari Tuhan. Bagaimana dengan mereka yang justru malah foya-foya? menghamburkan rezeki yang telah mereka dapet? Mereka itu sedang belajar untuk merasakan bagaimana rasanya jadi orang-orang yang rugi. Mereka ingin merasakan bagaimana azab yang akan mereka dapat nantinya.

“Orang yang hidup pasti berubah, dan untuk berubah, semua orang perlu belajar. Jadi, belajar yang membuat kita berubah, dan secara gak langsung juga bikin kita hidup.” Itulah quote yang menginspirasi gue untuk ngetik tulisan gue ini. Dan demikianlah sedikit ketikan gue yang gue harap bisa berguna buat kalian yang membaca. Gue bukan sok bijak atau gimana. Gue cuma ingin berbagi hal yang gue dapet dan menurut gue pantes untuk dibagiin buat kalian semua.

See you again readers…

2 thoughts on “Hidup = Belajar

  1. Benar sekali tulisannya hidup memang untuk senantiasa belajar. Karena dengan belajar kita akan tahu apa fungsi kita berada di dunia ini. Ayo belajar terus.

Leave a Reply

