Orang (Tetap) Menilai Buku dari Kovernya!

Kenapa?

Simpel, penampilan pada umumnya merepresentasikan kualitas.

Anda pernah dengar ungkapan, “never judge a book by its cover?” Kita semua tahu arti dari ungkapan itu adalah, jangan nilai seseorang dari penampilannya.

Kenapa ada orang membuat ungkapan seperti itu?

Ya karena orang memang pada hakikatnya, secara insting, secara naluriah, menggunakan penampilan sebagai indikator penilaian pertama.

Lagipula, memang pada kenyataannya, orang yang penampilannya bagus adalah orang yang lebih peduli daripada orang dengan penampilan ‘berantakan‘. Orang yang bersih itu lebih baik daripada orang yang kotor(bersih dan kotor disini dalam artian fisik dan sikap kita).

Jika si orang kotor tak bisa mengurus dirinya sendiri, membersihkan dirinya sendiri, bagaimana bisa dia mengurus orang lain, mengurus tanggung jawab, dan segala hal lain yang besar?

Dalam hal kecil saja dia belum lulus, apalagi hal besar? Ya ‘kan? Logika sederhana ini…

Itu alasan kenapa kebersihan sebagaian dari iman, karena kebersihan adalah apa yang dipandang orang. Itu adalah cover kita. Jaga itu, karena itu IMAN.

Jika kovernya bagus, akan lebih besar persentase bahwa isinya juga bagus. Jika kovernya jelek? Mungkin sih isinya bagus… tapi orang akan lebih malas untuk membukanya.

Apa Anda tahu, sabun yang paling banyak dijual bukan sabun yang paling banyak keunggulannya. Sabun yang paling banyak terjual adalah sabun yang bagus desain pembungkusnya dan mudah ditemukan di toko.

Meski Anda mempunyai sabun yang bisa menghidupkan orang mati, mungkin bakal sulit terjual jika baunya seperti tahi kucing, bungkusnya super duper jelek hingga tak terdeskripsikan oleh kata-kata.

Dan karena penampilan adalah yang dilihat orang pertama kali, maukah Anda mulai memperhatikan penampilan Anda sejak saat ini?

Mario Teguh, Tung Desem Waringin, Robert T. Kiyosaki, tak pernah menggunakan kaus oblong saat mulai mengajar di seminarnya. Segila apapun mereka.

Karena penampilan Anda, merepresentasikan diri Anda!

One thought on “Orang (Tetap) Menilai Buku dari Kovernya!

  1. Setuju mas! Semua orang emang pasti pada awalnya melihat dari penampilan.
    Balutan tubuh itu mengisyaratkan banyak makna loh.
    Salam kenal..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s