Fenomena Industri Perbankan

Indikator Kinerja Keuangan Perbankan

Kinerja Fungsi Intermediasi Perbankan

Berikut ini adalah data perbandingan antara penghimpunan Dana Pihak Ketiga dengan Penyaluran Kredit atau Loan to Deposit Ratio (LDR) Bank Umum di Indonesia secara tahunan periode 2005 s.d. 2010.  loan to deposit ratio pada akhir tahun 2010 adalah sebesar 75.5% dengan trend meningkat dalam periode 6 tahun terakhit. Namun demikian, mengacu kepada konsep intermediasi masih terdapat ketidak seimbangan antara penghimpunan DPK dengan penyaluran kredit, yang mana pada akhir tahun 2010 terdapat dana mengendap sebesar 24.5% dari total DPK atau sejumlah Rp. 572 triliun lebih

Kinerja Rentabilitas Perbankan

Rentabilitas merupakan kemampan bank dalam mencetak keuntungan dari usaha yang dijalankannya. Indikator utama yang dapat digunakan dalam mengukur kinerja rentabilitas perbankan adalah rasio Return on Asset (ROA), rasio Biaya Operasional dengan Pendapatan Operasional (BOPO), dan Net Interest Margin (NIM).

Return on Asset

Rasio pertama yang dapat dijadikan alat ukur kinerja perbankan adalah Return on Asset (ROA) yang menunjukkan besarnya laba terhadap aset yang dimiliki bank. Pada grafik dibawah ini ditunjukkan bahwa dalam periode tahun 2005 s.d. 2010, ROA bank umum berada pada kisaran 2.3% s.d. 2.9%. Pergerakan ROA selama kurun waktu 6 (enam) tahun terakhir memperlihatkan pergerakan yang cukup stagnan.

Biaya Operasional Pendapatan Operasional

Meninjau kepada rasio Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO) Bank Umum periode tahun 2005 s.d. 2011 berada pada kisaran diatas 85%. Hal ini memperlihatkan bahwa efisiensi operasional masih relatif rendah. Faktor yang mempengaruhi tingginya BOPO antara lain adalah inefisiensi pada kegiatan operasional bank, yang mana dalam konteks mamajemen risiko, masih marak terjadi kejadian risiko operasional yang merugikan bank. Disamping itu, perlu mendapatkan pengkajian yang lebih mendalam mengenai komponen-komponen baik Biaya maupun Pendapatan Operasional itu sendiri.

Net Interest Margin

Indikator keuangan terakhir yang digunakan adalah Net Intereset Margin (NIM) yang menunjukkan margin keuntungan yang dimilliki bank. Dalam mencermati data ini, harus dilihat dari dua sisi. Pertama adalah sisi profitabilitas bank yang tentunga semakin tinggi NIM maka semakin baik profitabilitasnya. Namun sisi kedua adalah bahwa NIM yang tinggi dapat pula menunjukkan bahwa bank kurang efisien dalam menentukan tingkat suku bunga, sehingga pada ujungnya mengganggu optimalisasi fungsi sebagai intermediasi.

Kejadian Tindak Pidana Perbankan

Selain kepada indikator-indikator keuangan sebagaimana diuraikan pada sub-bagian sebelumnya, fenomena industri perbankan dalam konteks manajemen risiko ini perlu dilihat dari catatan-catatan kejadian risiko operasional yang ada. Berikut adalah beberapa catatan kejadian yang cukup signifikan bagi dunia perbankan Indonesia.
Seperti dikutip dari Media Indonesia bahwa aksi kejahatan bank saat nin semakin menjadi-jadi. Menurut catatan sejarah bahwa setidaknya pada tahun 2007-2010 terjadi 15.097 kasus dengan kerugian Rp. 42 triliun, yang mana bila dirata-ratakan terjadi 10 kali tindak kejahatan setiap harinya.

Kasus perbankan yang akhir-akhir ini muncul adalah skandal pembobolan di Citibank sebesar Rp17 miliar oleh salah senior relationship manager-nya. Selain itu pembobolan di bank Mega, terhadap rekening milik PT Elnusa sebesar Rp111 miliar, juga milik Pemerintah Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, sebanyak Rp80 miliar.

Belum lagi kasus-kasus tersebut tuntas,  terbetik kabar kasus serupa juga terjadi di Bank CIMB Niaga Kasus pembobolan di Bank CIMB Niaga dilakukan dengan modus memalsukan surat/dokumen sebagai persyaratan dalam pengajuan kredit, sampai kredit sebesar Rp234 miliar dapat dicairkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s