Trik Membaca Kemudian Mengingatnya

 

Trik itu sebagai berikut :

  1. Anda harus mengulang-ulang isi bacaan tersebut, membaca tidak cukup satu kali tapi harus diulang-ulang, misal tiga kali pengulangan dalam setiap bacaan.

  2. Ambil inti sari bacaan tersebut atau pokok-pokoknya isi bacaan ,lalu anda mengerti dan pahami sepaham-pahamnya.

  3. Dalam membaca jangan anda hafalkan tapi pahamilah bacaan tersebut, kalau anda menghafal bacaan yang banyak maka satu atau dua hari kita akan lupa lagi dan itu sangat susah. Coba pakai logika anda dan pahami isi bacaan tersebut.
  4. Anda ingat-ingat letak kalimat tersebut apakah di atas, dibawah, ataukah dekat dengan angka halaman dan pada halaman berapa, dekat dengan gambar dan lain sebagainya. Anda bisa garis bawahi kalimat-kalimat penting, supaya apabila suatu saat lupa anda bisa mencarinya dengan mudah.
  5. Buatlah kata-kata penyemangat dalam diri anda waktu membaca. Kadang kala dalam membaca buku, entah itu buku pelajaran atau bukan kita sering jenuh dan ada perasaan terpaksa sehingga anda bisa males terus ujung-ujungnya kita mengalami kesusahan dalam mengerti isi bacaan tersebut yang perlu kita lakukan adalah hilangkan perasaan tersebut buat kata-kata penyemangat dalam diri anda, misalnya : ”coba akan aku lihat halaman berikutnya setelah halaman ini selesai aku baca”,”aku harus bisa memahami bacaan ini”,”aku ingin mengerti isi bacaan ini”,”dia aja bisa kenapa aku tidak”dan lain sebagainya.
  6. Carilah sesuatu yang bisa membuat hati anda merasa tenang atau fresh, misalnya: dengarkan musik, ruangan yang dingin ber AC, suasana kamar yang nyaman dan tidak berantakan, yang penting carilah suasana nyaman contohnya belajar di bawah pepohonan yang rindang dengan semilir anginya dan lain sebagainya.
  7. Perhatikan posisi dalam membaca. Posisi yang baik adalah posisi duduk. Apabila berjalan sangat berbahaya karena anda bisa terjatuh, kalau tiduran tidak baik buat mata anda dan bisa tertidur tentunya. Yang paling penting carilah sesuatu yang paling nyaman menurut anda agar dalam membaca anda bisa lebih nyaman sehingga suasana hati anda tenang dan nyaman.
  8. Atur pencahayaan. Apabila meja belajar anda kurang terang pakailah lampu yang peneranganya cukup. Jangan pakai lampu yang terlalu menyilaukan karena bisa membuat anda tidak nyaman dan bisa merusak mata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s