Blogger Indonesia Disomasi Facebook

Seorang blogger Indonesia yang bernama Ainun Nazieb tersandung masalah dengan raksasa penguasa jejaring sosial Facebook. Perusahaan tersebut melayangkan surat tuntutan terhadap Nazieb.

Apa masalahnya?
Surat tuntutan ini bermula ketika Nazieb membuat blog pribadi yang beralamat di nazieb.com dan membuat tema blog bernama ‘Smells Like Facebook’ yang mirip dengan tampilan Facebook versi pertama. Nazieb dituntut facebook sebesar 2 Milliar.
Berawal dari ke-iseng-an untuk membuat tema blog pribadi yang mirip tampilan Facebook, akhirnya ada beberapa teman yang meminta dia menyediakannya sebagai tema yang bisa dipakai oleh orang banyak karena dinilai menarik.
“Jujur saya tidak berniat mencari keuntungan, karena saat itu saya hanya berniat share saja,” tutur Nazieb, ketika dihubungi okezone, Kamis (17/11/2011).
Tema blog tersebut memang sudah distop untuk diunduh dari blog pribadinya, namun peredarannya belum tentu berhenti. Orang lain masih mungkin bisa melakukan share melalui blog mereka.
Duh....Blogger Indonesia Disomasi Facebook
Themes Yang mirip tampilan facebook.
Upaya yang sedang dilakukan Nazeib saat ini ialah berkonsultasi dengan kuasa hukumnya yang disediakan oleh pimpinan perusahaan di mana dia bekerja sekarang. Bersama kuasa hukumnya dia akan memenuhi panggilan pihak Facebook Indonesia pada hari Senin, 21 November atau Rabu, 23 November 2011.
Saat ini dia masih mengkonsultasikan masalah ini dengan kuasa hukum yang disediakan oleh pimpinan perusahaan tempat dia bekerja, kemudian dia dan kuasa hukumnya akan mendatangi panggilan perwakilan Facebook pada hari Senin atau Rabu mendatang, untuk mengetahui apa yang sebenarnya dituntut pihak Facebook.
Apa yang dilakukan Ainun Nazieb memang lebih dari sebuah kreatifitas biasa. Memanfaatkan ilmu untuk sebuah karya memang sangat diharapkan ada di setiap individu generasi penerus bangsa, namun sebaiknya memperhatikan juga karya orang lain. Jangan sampai menimbulkan masalah yang lebih besar karena masalah hak cipta.
Kiranya kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita yang bergelut di dunia digital, khususnya sebagai blogger atau web desainer / developer. Karya orang wajib untuk dihargai. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan beberapa blogger adalah menghapus credit / copyrigth yang biasanya terletak di footer setiap template.

Sebagai sesama blogger, saya tetap memberikan dukungan kepada Ainun Nazieb, semoga masalah ini cepat selesai. Salam Blogger, Blogger Selalu Berhati Nyaman🙂

JANGAN LUPA SHARE TULISAN INI UNTUK MEMBERIKAN SUPPORT KEPADA BLOGGER INDONESIA YANG DISOMASI FACEBOOK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s