Kasus Facebook Blog “Smells Like Facebook” selesai

 

 

13221778361491007361Blog Smells Like Facebook yang segera di-non aktifkan, Okzone.com

Blog Smells Like Facebook milik Nazeieb yang heboh karena disomasi oleh Facebook beberapa waktu yang lalu, akhirnya selesai. Nazeieb telah mengakui kesalahannya dan akan membuat surat permohonan maaf secara resmi ke Facebook melalui perwakilan pengacaranya.  Seperti yang diberitakan okzone.com di sini

Facebook keberatan dengan themes blog “Smells Like Facebook” yang dibuat Nazieb, pada April 2009, karena sangat mirip dengan tampilan Facebook versi pertama dan hal ini dianggap telah melanggar hak cipta. Melalui kantor pengacara yang ditunjuk Facebook yaitu Maulana and Partner,  Surat somasi dikirim kepada Nazieb dan diterimanya pada tanggal 17 November 2011, pukul 10.00 WIB.

Menurut Nazieb, awalanya proyek pribadinya ini hanyalah  iseng semata dan theme hasil desainya itu dibagikan secara gratis kepada siapa saja yang ingin men-download. Namun pada Januari 2011, Nazieb mulai berhenti membagikannya. Menurut Okzone, Nazieb mengaku heran dengan somasi ‘kesiangan’ Facebook tersebut.

Bagi Facebook, mungkin desain Nazeib tersebut dapat menghilangkan kesan orignil dari Facebook yang asli karena kemiripannya. Walau tidak komersial, kesamaan ini dapat membuat pengguna internet bingung untuk membedakannya, apalagi kita tau bahwa banyak situs yang mirip dengan Facebook melakukan tindakan phising yang mengakibatkan pengguna Facebook kehilangan akunnya. Jadi somasi ini dapat  dimaklumi, apalagi kalo sampai menggangu kegiatan usaha Facebook.

Persoalan Nazieb dan Facebook ini, sejak 18 November 2011 lalu mendapat dukungan luas dari para blogger maupun pengguna Twitter. Mereka mendukung Nazieb untuk melalui kasus ini dengan baik atau dengan jalan damai.

Persoalan hak cipta memang persoalan penting yang patut kita semua perhatikan dan pelajari dengan seksama. Seharusnya hari ini, 25/11/2011, surat permohonan maaf secara resmi dan secara tertulis telah diterima oleh Maulana and Partner sebagai kuasa hukum Facebook , yang selanjutnya  akan diteruskan ke Facebok corp.

sumber: http://teknologi.kompasiana.com

One thought on “Kasus Facebook Blog “Smells Like Facebook” selesai

  1. template sy mirip dengan smell like facebook…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s