Nasib Blackberry RIM

Nasib ribuan karyawan berada di ujung tanduk setelah Research in Motion (RIM), produsen smartphone BlackBerry, melaporkan kerugian di kuartal pertama sebesar 518 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,8 triliun.
Bersamaan dengan itu, RIM juga mengumumkan rencana merumahkan 5.000 orang atau sekitar 30 persen dari total 16.500 karyawannya. Langkah itu dilakukan sebagai bagian upaya menghemat 1 miliar dollar AS dari biaya operasional.

Proses PHK ribuan karyawan tersebut diperkirakan akan menelan biaya 350 juta dollar AS dalam tahun fiskal saat ini.
Sebelumnya, pada Juli tahun lalu, RIM sudah mem-PHK 2.000 pekerja.Penundaan kembali dari peluncuran BlackBerry 10 membuat RIM terpaksa menetapkan target penghematan minimum sebesar 1 milyar dollar AS. Pihak RIM mengatakan bahwa langkah-langkah efisiensi lainya termasuk pemotongan struktur manajemen, perampingan rantai distribusi serta outsourcing tenaga reparasi telah dilakukan.

Masalah finansial yang membelit produsen BlackBerry, RIM agaknya masih akan berbuntut panjang. Salah satu kabar terakhir menyebutkan bahwa perusahaan asal Kanada ini berisiko kehilangan uang sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9 triliun.

Angka tersebut berasal dari penurunan nilai produk-produk yang belum laku dijual dan menumpuk di gudang-gudang penyimpanan.

Menurut data yang dikompilasi oleh Bloomberg, nilai stok barang RIM naik 18 persen dalam perempat pertama tahun ini saja, menjadi 1,03 miliar dollar AS.
Di sisi lain, Apple Inc mengalami penurunan nilai inventaris sebesar 11 persen selama 3 bulan terakhir karena produk-produknya cepat laku.

Cukup banyak pelanggan RIM berbondong-bondong migrasi ke platform pesaing, yaitu iPhone dan smartphone berbasis sistem operasi Android bikinan Google. Akibatnya sudah terlihat dari pangsa pasar global RIM yang terjun bebas menjadi tinggal 6,4 persen dalam perempat pertama tahun ini.
Sementara itu, penguasaan pasar Android meningkat menjadi 59 persen. Adapun platform iOS buatan Apple menguasai 23 persen pasar global.

Pendapatan RIM pun diprediksi bakal ikut merosot sebesar 2 persen menjadi 3,64 miliar dollar AS pada perempat kedua tahun ini.
RIM sedang menyiapkan perangkat BlackBerry 10 yang akan diluncurkan pada akhir 2012 dan akan menjadi andalan barunya, tetapi hal tersebut juga berpotensi membuat perangkat-perangkat BlackBerry yang sudah ada saat ini makin kehilangan daya tarik di mata konsumen.
Boleh jadi calon pengguna memilih menunggu model baru ketimbang membeli yang sudah ada.

Sebelumnya, pada Desember tahun lalu, RIM menghadapi penurunan nilai pasar inventaris sebesar hampir setengah miliar dollar Amerika akibat tablet Playbook yang belum terjual.

RIM mengatakan bahwa penghematan biaya operasional sebesar 1 miliar dollar AS akan dilakukan pada tahun fiskal ini melalui pengurangan jumlah fasilitas produksi dan “efisiensi perusahaan”.
Bye..Bye RIM…karena tak ada andalan baru selain BBM dan hanya ganti casing…maka pengguna pun banyak beralih ke Android

Pengganti BBM di Android yaitu WhatsApp
silahkan unduh Link WhatsApp:
http://www.4*shared.com/android/Hxh4tpWK/WhatsApp.html
(buang tanda bintang)

sumber: ROUTERS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s