Sejarah Rendang

Rendang bukan hanya terkenal di pulau Sumatra aja,nama makanan rendang udah terkenal hampir di seluruh pelosok INDONESIA bahkan makanan rendang sampai ke luar negri makanan rendang ini juga pernah diklaim oleh negara tetangga kita  sebagai salah satu budaya makanan yang berasal dari daerah mereka. ini sejarahnya.

Etnis Minangkabau, mempunyai banyak resep masakan serta minuman tradisonal sebagai kekayaan budaya kuliner Indonesia.Makanan dari etnis Minangkabau, lebih sering disebut Masakan Padang, umumnya memiliki cita rasa yang pedas berbumbu dan dalam pengolahannya banyak memakai santan kelapa. Padusi minang (Perempuan Minang), sangat terkenal dengan keahlian memasaknya. Demikian pula kaum lelaki minang pun memiliki keahlian dalam masak-memasak. Dalam setiap kesempatan acara dan kenduri ; Upacara sepanjang kehidupan manusia, Upacara Yang Berkaitan dengan Perekonomian, Upacara keselamatan, selalu terhidang aneka ragam masakan. Diantara semua ragam masakan itu, maka rendang merupakan menu utama disetiap kesempatan.

Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari ranah Minang ini, sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri.
Bahannya :
– daging sapi,
– kelapa(karambia),
– bumbu : Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak).

Secara filosofi adat dan budaya Minangkabau, Rendang memiliki posisi terhormat. Rendang yang terdiri dari 4 bahan pokok, mengandung makna, yaitu:

1.    Dagiang (Daging Sapi), sebagai bahan utama, pelambang Niniak Mamak dan bundo kanduang
yang akan memberi kemakmuran pada anak kemenakan dan anak pisang.
2.   Karambia (Kelapa), merupakan lambang Cadiak Pandai (Kaum Intelektual), yang akan merekat     kebersamaan kelompok dan individu
3. Lado (Sabai), merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan syarak (agama)
4. Pemasak (Bumbu), sebagai pelengkap yang merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat minang.

Rendang sebagai warisan budaya Minang Kabau yang dimulai dari tahun 1550 dan memiliki 4 filosofi yang dalam dan melekat pada budaya masyarakat minang semoga dapat terus kita lestarikan.

3 thoughts on “Sejarah Rendang

  1. wah artikelnya menarik sekali gan, abis biasa makan rendang tapi baru kali ini tahu sejarahnya. Oh ya bila ada yg minat tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / mesin bakery. klik aja di http://fikrisu.blogspot.com/ GRATISS….thx & good luck. ditunggu blogwalkingnya gan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s