Buat Presentasi Kamu Terstruktur dan Berpengaruh

presentasiwp

Pernahkaah anda sebagai audience dari sebuah presentasi Anda merasa diacuhkan,  karena presenter selalu membelakangi anda untuk membaca slide? kesulitan memahami apa yang disampaikan oleh presenter?  merasa tidak semangat , mengantuk dan bosan dengan presentasi yang ditampilkan?, Pernah kan? yaa hal yang dialami anda sama dengan yang dialami saya waktu itu dan pada akhirnya pun saya tidak mendapat apapun dari presentasinya.

Menurut Dr John Medina, seorang pakar di bidang cara kerja otak dalam bukunya “Brain Rules”, orang tidak akan memberi perhatian pada sesuatu yang membosankan.  Hal yang sama berlaku pada presentasi Anda. Jika Anda membuat slide presentasi yang membuat jenuh, maka dalam tempo singkat audiens Anda akan mengalihkan perhatian kepada hal-hal lain. Mereka tidak tahan dengan slide presentasi yang membosankan. Jangan harap Anda bisa mempengaruhi audiens. Yang terjadi audiens malah sibuk memperhatikan hal lain di luar presentasi yang sedang Anda sampaikan.

Penelitian juga dilakukan oleh  BMC Neuroscience (2008,August 12), Dalam sebuah studi Studi kognitif yang dilakukan menunjukkan bahwa lebih dari 75% dari rangsangan sensorik diterima melalui penglihatan. Dalam studi tersebut ditegaskan pula bahwa keterampilan mendengarkan meningkatkan ketika kata-kata yang didukung oleh rangsangan visual yang kuat , Ingat Visual!

Setiap hari didunia ini pasti lebih dari ribuan slide dipresentasikan atau pasti ada orang yang presentasi, Untuk bisa memilih topik presentasi yang berkualitas, silahkan Anda ajukan tiga pertanyaan berikut, kepada diri anda sendiri :

  1. Apakah saya ahli pada topik ini?
  2. Apakah saya bergairah pada topik ini?
  3. Siapa yang peduli pada topik yang anda sampaikan?

Dengan menemukan jawaban atas tiga pertanyaan tersebut, maka Anda akan memiliki topik yang berkualitas untuk presentasi Anda. Topik Presentasi yang disampaikan mempunyai tujuan  kepada Audience sebagai berikut :
1. Menginformasikan: presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Presentasi semacam ini sebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas (clear) sehingga orang dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi terhadap informasi yang diberikan tersebut.
2. Meyakinkan: presentasi berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga menyakinkan orang atas suatu topik tertentu. Kondradiksi dan ketidakjelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang diberikan.
3.Membujuk: presentasi yang berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis agar orang mau melakukan suatu aksi/tindakan. Presentasi dapat berisi bujukan, atau rayuan yang disertai dengan bukti-bukti sehingga orang merasa tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan.
4.Menginspirasi: presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi orang.
Menghibur: presentasi yang berusahan untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi yang diberikan.

Setiap presentasi harus memiliki tujuan seperti yang disampaikan Covey dalam bukunya The Seven Habits Highly Effective People “Mulailah sesuatu dengan gambaran akhirnya.”Tujuan presentasi yang jelas akan menentukan cara Anda dalam mengumpulkan ide, menyusun struktur presentasi, membuat desain slide dan menyampaikan presentasi. Secara umum ada dua tujuan utama presentasi.
Pertama, memberikan informasi dan kedua adalah mempengaruhi, nmun sebuah presentasi tidak hanya sebatas memberikan informasi dan mempengaruhi melainkan juga untuk menghibur memotivasi dan menginspirasi. Jadi apapun presentasi Anda mulailah dengan menetapkan tujuan presentasi.

Sebuah presentasi adalah medan tempur komunikas karena itu kenali kekuatan diri Anda sebagai presenter,kenali lawan Anda sebagai audiens dan kenali medan tempur Anda (tempat dan situasi presentasi yang akan Anda hadapi). Untuk bisa mengenali audiens dengan baik.  Ajukan tiga pertanyaan sederhana ini.Siapa mereka? Apa yang ingin mereka dengar?Di mana dan dalam situasi bagaimana presentasi saya lakukan?

Saya yakin dengan  menemukan jawaban atas tiga pertanyaan tersebut Anda akan lebih tenang dan mampu menyampaikan presentasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Audience dan Presentasi anda akan sukses.

Demikian yang bisa saya sampaikan, ini adalah bagian kecil dari Materi ajar saya di POWERFULL DESIGN PRESENTATION, untuk lebih lanjut bisa Undang/ Contact saya jika ada kebutuhan tentang Pelatihan Presentation Skill & Design Slide melalui No HP 081211300400 (Telkomsel).

Salam

 

Yuda Mahendra Asmara
(Pakar Slide Presentation & Infografis)

 

4 thoughts on “Buat Presentasi Kamu Terstruktur dan Berpengaruh

  1. Ayo dooong sharing lagii.. nice post mas Yud!

  2. Hahaha.. Thanks mas Qusuth untuk ilmu yang udah di sharingkan. pokoke, ditunggu sharing lanjutan.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s