Industri HR di tahun 2018

Menurut penelitian IBM, CEO sukses menjadikan karyawan sebagai bagian utama strategi mereka untuk pengembangan bisnis. Mereka juga memahami bahwa tren dan teknologi masa depan menghadirkan banyak peluang untuk pengembangan bisnis. Yang jelas, setiap bisnis yang ingin sukses harus mengikuti tren, termasuk tren SDM.

Lantas bagaimana tampilan industri HR di tahun 2018? Sudah jelas bahwa perubahan utama dalam HR akan diakibatkan oleh teknologi. Teknologi mempengaruhi setiap area bisnis: mulai dari logistik, pemasaran, sekarang saatnya SDM.

Pada tahun 2018 kita akan melihat bidang SDM menjadi lebih produktif, lincah dan fokus pada karyawan. Inilah tren utama yang harus diwaspadai:

1. Headhunting

Headhunting selalu memiliki konotasi negatif. Tapi mencari pegawai berbakat sangat sulit dan perusahaan harus berjuang untuk itu. Pada 2018 tim HR akan menggunakan senjata baru dalam mencari bakat. Sosial media akan menjadi alat yang ampuh untuk mencari pegawai yang berbakat.

Media sosial akan membantu tim HR mencari titik lemah pegawai berbakat. Apakah mereka senang dengan pekerjaan mereka saat ini? Apakah mereka mencari karir baru? Perekrut harus merangkul sumber data baru untuk memaksimalkan efisiensi. Perusahaan-perusahaan yang telah mengumpulkan staf berbakat, di sisi lain, perlu berusaha ekstra untuk mempertahankan tenaga kerja mereka yang berpengetahuan luas.

2. Tim virtual

Sudah jamak bagi karyawan untuk melakukan telecommute dan bekerja dari tempat yang dilengkapi Wi-Fi. Perusahaan tidak peduli dimana orang itu dan lebih peduli tentang apa yang dihasilkan orang tersebut.

Tren ini memungkinkan para profesional HR untuk merekrut orang dari seluruh dunia. Memiliki keahlian yang bervariasi dan luas akan menguntungkan industri SDM. Selain itu, di tim virtual, beban menjaga kebahagiaan karyawan sebagian besar ada pada karyawan mereka sendiri, jadi SDM akan lebih fokus pada perekrutan.

3. Gamifikasi (menggunakan game dalam proses perekrutan)

Proses perekrutan itu membosankan. Ini penuh dengan stres dan ketidakpastian baik bagi calon maupun atasan. Kini, para manajer mulai menggunakan taktik perekrutan yang inovatif dan menyenangkan.

Gamifikasi mengacu pada mengubah pengalaman menantang menjadi latihan interaktif yang mengumpulkan data dan memberikan hiburan. Gamifikasi membuat industri belajar bahasa mengalami badai, dan sekarang HR mengalami transformasi yang sama. Pada 2018 pengusaha akan menggunakan game untuk analisa awal, validasi hasil uji dan sebagai faktor tambahan dalam proses pengambilan keputusan.

4. SDM lebih manusiawi dan holistik

Pada tahun 1966 David Ulrich menulis sebuah buku tentang transformasi SDM. Dia memperkirakan manajer SDM bisa menjadi anggota tim kepemimpinan penuh. Bagian kedua dari ramalannya untuk industri SDM adalah pendekatan karyawan-sentris. Sayangnya, hanya bagian pertama yang menjadi kenyataan. Karena talenta menjadi faktor terpenting untuk kesuksesan bisnis, manajer SDM bergerak mendekati eksekutif untuk memastikan bahwa tujuan bisnis lebih dipahami. Tapi dengan berbuat demikian, HR telah menjauhkan diri dari karyawan.

Pada 2018 departemen SDM akan lebih fokus pada kebahagiaan karyawan. Hal ini berarti menyediakan kebutuhan dasar, menjaga kesehatan mental karyawan, menjalankan empati setiap hari, bertindak sebagai mediator dan mendorong hubungan sosial internal.

5. Fokus pada produktivitas dan kolaborasi

Saat ini ada banyak fokus pada produktivitas. Kita diharapkan untuk berbuat lebih banyak dan pada saat yang sama memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin. Standar pekerjaan juga meningkat. Dalam lingkungan bisnis menjadi yang terbaik tidaklah cukup, Anda harus selalu berinovasi dan dapat memimpin. Kolaborasi membantu mempertahankan standar dan berinovasi melalui penyempurnaan terus menerus.

Tim SDM perlu menyediakan alat untuk memaksimalkan kolaborasi. Departemen HR diharapkan untuk mempekerjakan orang dengan keterampilan universal. Karena teknologi dengan cepat menggantikan pekerjaan, karyawan dapat menangani beragam tugas dan dengan cepat berpindah dari satu posisi ke posisi lainnya.

Selain itu, pada tahun 2018 lebih banyak produktivitas akan diharapkan dari Manajer SDM itu sendiri. Dengan menerapkan solusi SDM teknologi terbaik, manajer SDM akan dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam mempekerjakan dan membangun budaya perusahaan.

6. Otomatisasi prosedur SDM dan alur dokumen

Otomasi bukan pilihan lagi, itu wajib. Bagian HR bertanggung jawab untuk berbagai tugas, dan kebanyakan mengerjakan tugas berbasis dokumen. Aplikasi, resume, pelatihan, timesheets, arahan, daftar gaji – masing-masing proses ini dapat dengan mudah diotomatisasi, sehingga HR dapat lebih fokus pada interaksi tatap muka dengan karyawan dan kandidat.

Pada tahun 2018, otomatisasi akan menjadi sangat penting bagi keberhasilan SDM dalam mempekerjakan dan mempertahankan karyawan. CEO dan karyawan berbakat menghargai pendekatan kepribadian lebih dari sebelumnya dan mengharapkan manajer SDM untuk menggunakan sistem informasi sumber daya manusia terbaru, memperhatikan sisi bisnis manusia, dan mengotomatisasi semua tugas berulang-ulang.

7. Perekrutan secara Agile

Agile adalah proses yang digunakan dalam manajemen proyek perangkat lunak yang membangun produk secara bertahap dan tidak mengerjakan semuanya sekaligus. Dalam siklus agile, proyek dipecah menjadi beberapa langkah dan masing-masing tugas dikerjakan secara terpisah. Begitu fitur dikirimkan, ia melewati tahap penilaian dan kemudian dikirimkan kembali ke tim untuk siklus perbaikan berikutnya.

Perekrutan secara Agile tidak berbeda. Pada tahun 2018 proses perekrutan akan lebih cepat dan lebih efektif. Alih-alih menjalani proses perekrutan yang kompleks, para kandidat akan dipekerjakan dan diuji di tempat. Manajer SDM akan mengkoordinasikan beberapa minggu pertama seorang karyawan berada di tempat kerja untuk memastikan kecocokan yang tepat.

 

Teknologi telah mempengaruhi banyak industri dan bidang usaha. Bahkan bidang manusia yang berorientasi seperti HR mengalami transformasi yang cepat. Teknologi menggantikan pekerjaan, tapi juga memberi nilai lebih pada nilai-nilai kemanusiaan. Pada tahun 2018, penting untuk mengotomatisasi proses, memperlancar pengembangan alur kerja dan fokus pada produktivitas. Seiring Tahun Baru mendekat dengan cepat, jelas bahwa bisnis yang mengabaikan tren di bidang SDM akan menghilangkan tenaga kerja terampil mereka. Jadi, perhatikan dan bersiaplah untuk menerapkan perubahan ini sekarang.

Sumur:  crm-indonesia.com

Advertisements